Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan PT Garansindo Surabaya menggelar acara Peluncuran Uji Jalan GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS) Etape Surabaya – Banyuwangi di Kampus ITS Surabaya pada Kamis (10/11). Acara ini menjadi bagian dari “GESITS Tour de Jawa Bali” yang diagendakan pada tanggal 7 hingga 12 November 2016, dengan menjalankan lima motor listrik GESITS dari Jakarta ke Nusa Dua Bali selama lima hari, untuk menguji kehandalan, ketahanan dan kepraktisan motor listrik ini, sekaligus menyosialisasikannya kepada masyarakat luas.

img_3006 img_3007

Hadir dalam peluncuran tersebut, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Jumain Appe, Rektor ITS, Joni Hermana beserta jajarannya, Ketua Senat Akademik ITS, Priyo Suprobo, serta Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITS, Mohammad Nuh, yang turut melepas keberangkatan GESITS etape Surabaya – Banyuwangi. Menteri Keuangan Sri Mulyani juga menyempatkan hadir untuk menyaksikan dan berdialog sebelum pelepasan motor GESITS dilakukan.

Seremoni pelepasan “GESITS Tour de Jawa Bali” sendiri telah dilakukan sebelumnya pada Senin (7/11) oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, di Kantor Kemenristekdikti Jakarta. Tur uji jalan oleh para rider dari ITS yang menempuh jarak lebih dari 1.200 kilometer ini, diharapkan dapat menguji performa GESITS secara menyeluruh, mulai dari segi jarak tempuh, konsumsi energi listrik, hingga aspek keselamatannya. Tak hanya pengujian di jalan raya, lima unit motor listrik GESITS yang merupakan bantuan hibah riset dari Kemenristekdikti ini, sebelumnya juga telah melewati uji laboratorium. (PSP)