Depok – Universitas Indonesia berhasil menorehkan prestasi pada ajang Bridge Design Competition 2017 yang diselenggarakan oleh Nanyang Technological University di Singapura pada tanggal 4-5 Maret 2017.

Pada ajang ini, Tim Kuwaka yang terdiri dari Hendro dan Irene Alisjahbana dari FT UI berhasil meraih juara 2 dengan berat jembatan 19.05 gram dan beban yang berhasil ditahan sebesar 435.8 N

Sementara itu, Tim Triad yang terdiri dari Muhamad Lazuardi Rangkuti dan Tiffany Wirintia Christie berhasil merebut juara 3 dengan berat jembatan 24.53 gram dan beban yang ditahan sebesar  535.4 N.

Bridge Design Competition 2017 adalah sebuah ajang kompetisi tahunan yang mengadu kreativitas mahasiswa universitas dan politeknik se-ASEAN untuk merancang sebuah jembatan kayu balsa yang kokoh dan ringan dengan durasi pengerjaan 5.5 jam.

Persentase penilaian terbesar dilihat dari kekuatan jembatan yaitu besarnya perbandingan antara berat jembatan dan beban yang dapat ditahan. Penilaian lainnya meliputi presentasi, aspek estetika dan aspek ekonomis.

Pada kategori universitas, Bridge Design Competition 2017 tahun ini diikuti oleh 9 tim dari Indonesia, 2 tim dari Malaysia dan 13 tim dari Singapura antara lain dari UI, ITB, UGM, UNY, University of Nottingham Malaysia, NTU dan NUS.

Sumber : www.ui.ac.id