Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menyabet gelar juara dalam Olimiade Sains Pertamina pada 19-25 November di Depok, Jawa Barat. Dalam komptisi bergengsi tersebut, delegasi UGM membawa pulang dua medali perak dari dua bidang perlombaan.

Medali pertama dipersembahkan oleh Thomas Edison Prasetyo (Pendidikan Dokter) di kategori teori bidang kimia. Medali kedua diraih oleh Amelia (Pendidikan Dokter) dari kategori teori bidang biologi.

Olimpiade Sains Pertamina 2016 diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Mempertandingkan dua kategori lomba yaitu kategori teori bidang biologi, kimia, fisika, dan matematika serta kategori proyek sains.

Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D, Kasubdit Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM mengaku bangga atas prestasi yang dicapai oleh delegasi UGM. Dia berharap kedepan delegasi UGM mampu meraih lebih banyak prestasi dalam kompetisi serupa.

“Hasil yang diraih sudah cukup baik. Namun, ditahun yang akan datang diharapkan prestasi yang diraih bisa lebih meningkat,” jelasnya, Jum’at (25/11).

Keberhasilan yang diraih delegasi UGM tidak terlepas dari upaya pembinaan dan pelatihan yang diberikan secara kontinu. Salah satunya melalui Komunitas Olimpiade Nasional MIPA dimana para mahasiswa dipersiapkan secara matang untuk mengikuti kompetisi sains dalam bidang biologi, kimia, matematika, serta fisika.

“UGM terus berupaya meningkatkan pembinaan bagi mahasiswa dengan harapan kualitas mahasiswa dapat meningkat sehingga bisa menorehkan pertasi dalam berbagai perlombaan di tingkat nasional, regional, hingga internasional,” pungkasnya. (Humas UGM/Ika)