JAKARTA – Kerja sama antara Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dalam rangka meningkatkan sistem dan layanan untuk penyediaan data hasil-hasil riset yang diperlukan bagi perguruan tinggi dan LPNK dibawah koordinasi Kemenristekdikti.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Ainun Na’im dalam perjanjian kerja sama antara Kemenristekdikti dengan Perpusnas, bertempat di Auditorium Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, Rabu (25/10).

Sekjen Ainun juga mengatakan, kini Kemenristekdikti dengan Perpusnas telah menyediakan layanan E-Journal Kemenristekdikti, E-Journal Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Data Iptek dan Dikti, Pengelolaan Dokumen Cetak dan Perkembangan Perpustakaan Kemenristekdikti, serta Usulan Kerja Sama dengan Perpusnas.

“Kerja sama ini saya yakin akan berdampak baik dan lebih mempermudah aksesnya,” ujar Sekjen Ainun disela-sela acara yang juga dihadiri Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, Perpusnas, Welmin Sunyi Ariningsih.

Dirinya juga memaparkan, terpantau pada tahun 2016, dengan adanya layanan Langganan Akses E-Journal di lingkungan Kemenristekdikti, banyak pengguna yang mengakses layanan tersebut.

“Pada data E-Journal, terlihat sekitar 1368 PTN yang mengakses dan melakukan pencarian 2.769.728 serta mengunduh seluruh tulisan artikel sebanyak 1.398.249, kalau dari LPNK sebanyak 56.149 akses pencarian, 305.053 seluruh tulisan artikel dan 53.975 akses pencarian jurnal akademik yaitu Scopus,” tuturnya.

Harapan Sekjen Ainun, akses data ini bisa berintegrasi dengan seluruh perguruan tinggi di Indonesia, karena banyaknya perpustakaan di masing-masing perguruan tinggi dan juga perpustakaan fakultas. (ZLY/TJS)