Semarang International Illustration Festival (SIIF) adalah acara tahunan yang memamerkan karya-karya ilustrator dari berbagai negara. Tahun 2017 merupakan tahun pertama penyelenggaraan acara ini. Walaupun begitu hal itu tidak membuat surut antusiasme ilustrator dari berbagai negara. Terbukti kurang dari sebulan yaitu dari 28 September – 20 Oktober 2017, 500 ilustrator  telah mengirimkan hasil karya terbaiknya. Karya-karya tersebut kemudian dikurasi oleh tim seleksi SIIF menjadi 100 karya terbaik. Tim seleksi SIIF yaitu Syakir MSn dan Prof Sofyan Salam MA PhD dari Universitas Negeri Makassar.

Ketua Panitia Wandah Wibawanto SSn MDs menyampaikan, 100 karya terbaik ini merupakan karya terbaik dari yang terbaik dari berbagai negara. Ada 17 negara yang menjadi partisipan, antara lain Indonesia, China, Italia, Perancis, Kazakhistan, dll. Setiap karya yang lolos akan ditampilkan dalam katalog digital dan cetak (print) ber-ISBN.

SIIF diselenggarakan pada 28 – 31 Oktober 2017 di Galeri B9 Jurusan Seni Rupa UNNES. Selain pameran, ada acara Launching Buku berjudul “Seni Illustrasi” milik Prof Sofyan Salam MA PhD, tambah Wandah.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman Mhum mengapresiasi acara SIIF ini. Prof Fathur menuturkan, karya yang ditampilkan di SIIF sangat berkualitas. Karya dari Ilustrator Indonesia juga tidak kalah dari ilustrator dari luar negeri. Semua karya memiliki makna tersirat. Karya-karya ini juga sudah mengaitkan seni dan teknologi.