University Mobile Challenge merupakan ajang kompetisi internasional bergengsi di dunia untuk bidang teknologi informasi yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Berkeley Mobile International Collaborative. Pada kesempatan tahun ini, Tim Brainstat dari School of Computing – Telkom University berkesempatan mewakili Indonesia untuk berlaga pada final tingkat dunia. Sebelum masuk babak final, tim Brainstat telah berhasil melalui serangkaian proses seleksi secara online sehingga tim Brainstat dinyatakan berhak mewakili Indonesia dan mengikuti grand final di Barcelona, Spanyol pada tanggal 1 – 5 Maret 2015. Event ini juga merupakan serangkaian Mobile World Congress, pertemuan tahunan terbesar industri mobile.

Pada University Mobile Challenge 2015, Telkom University bersaing dengan beberapa universitas terbaik dunia. Berikut adalah finalis UMC tahun 2015 :

  1. Touch Freight, University of California Berkeley, United States
  2. Saha Mobile, Massachusetts Institute of Technology, United States
  3. Fickle, Nanyang Technical University, Singapore
  4. 3DPrinterOs, Tallinn University of Technology, Estonia
  5. Brainstat, Telkom University, Indonesia
  6. DocPad, Pontifica Universidad Catolica, Brazil
  7. Seed Convergent Technology, University of Capetown, South Africa
  8. Spleet, ESE Paris, France

Akhirnya, tim Brainstat dari School of Computing – Telkom University berhasil menjadi Runner up pada grand final yang berlangsung pada tanggal 4 maret 2015 di Fira Montjuic, Barcelona. Tim Brainstat yang terdiri dari lima mahasiswa School of Computing – Telkom University, yakni Nanda Budi Prayuga, David Musthofha, Annisa Riyani, Masyithah Nur Aulia, dan Febriana Sawitri dan satu dosen pembimbing yaitu Dody Qori Utama. Mereka menciptakan project Brainstat yang merupakan aplikasi pemantau dan pengontrol kondisi baik fisik maupun mental dari seorang pengendara ketika sedang mengemudi. Masalah yang diselesaikan oleh tim Brainstat adalah mengurangi tingkat kecelakaan transportasi dengan memantau dan mengontrol kondisi baik fisik maupun mental dari seorang pengendara ketika sedang mengemudi. Proyek ini merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh Programming Club, unit penalaran yang berada di Fakultas (School of Computing) Universitas Telkom.

telkom university

Tim Brainstat, sesaat setelah penganugerahan gelar Runner Up dalam University Mobile Challenge 2015