WASHINGTON, D.C. 17 – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC bekerjasama dengan komunitas gamelan Raga Kusuma yang dipimpin oleh Andy McGraw (Richmond University) menampilkan pergelaran wayang kulit Bali dengan lakon Sutasoma di Kennedy Center. Pagelaran ini dibawakan oleh dalang Gusti Sudarta, seorang master wayang dari Konservatorium Seni Indonesia dan staf pengajar ISI Denpasar. Kisah ini menceritakan calon Buddha (Bodhisattva) dilahirkan kembali sebagai Sutasoma.

Pertunjukan diawali dengan penampilan tari Cendrawasih yang dibawakan oleh Tim kesenian Bank Indonesia (BI) yang hadir di Washington DC dalam rangka mempromosikan “The 2018 Annual Meetingof the International Monetory Fund (IMF) and the World Bank Group yang akan diselenggarakan di Bali pada tahun 2018.

“Kami akan terus kenalkan publik Amerika Serikat dengan kekayaan budaya Indonesia yang berkualitas. KBRI bekerja sama dengan komunitas Seni Indonesia di Amerika Serikat, seperti Raga Kusuma ini untuk mengenalkan Indonesia”, demikian ditegaskan Ismunandar, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington DC. Pertunjukan di Kennedy Center ini juga tampilkan di kanal Kennedy Center Youtube : https://youtube.com/watch?v=_5GC3vGzZOg. “Pementasan karya seni Indonesia di AS, khususnya di lokasi bergengsi seperti the Kennedy Center, kami harapkan semakin memperkuat diplomasi Indonesia di AS” lanjut Ismunandar.

Setelah pertunjukan penonton melihat dan memainkan langsung wayang serta berdiskusi dengan dalang dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan. Banyak yang menyatakan kekaguman atas kepiawaian dalang memainkan berbagai karakter wayang dan menyuarakan beragam karakter. Apresiasi yang tinggi juga disampaikan atas pelestarian tradisi membawakan cerita dengan cara-cara tradisional.

The Kennedy Center merupakan salah satu pusat kegiatan seni di AS, khususnya Washington D.C. Didirikan sejak jaman Presiden Dwight D. Eisenhower hingga selanjutnya dinamakan untuk menghormati Presiden Kennedy atas berbagai jasanya dalam mengembangkan seni. (Atd).