AgriSocio didukung oleh Ikatan Keluarga Alumni Faperta (IKAF) dan Perusahaan Gas Negara (PGN) menyelenggarakan Pasar Rakyat Tani (PRT) 2015 yang digelar di Lapangan Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Baranangsiang, Minggu (15/3). Acara diresmikan oleh Dr Bayu Krisnamurthi (Wakil Menteri Perdagangan RI periode 2011-2014). PRT 2015 ini terdiri atas beberapa rangkaian acara, yaitu Pasar Tani, hiburan yang bertemakan “Semua Tentang Indonesia”, Youth Agricultural Social Enterpreneur,  dan Business Match-Up.

 Rektor IPB Prof.Dr Herry Suhardiyanto dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut baik acara ini dan seyogyanya kegiatan seperti ini harus terus dikembangkan. Menurutnya, IPB akan sangat mendukung kegiatan-kegiatan positif seperti ini, terutama karena secara langsung melibatkan generasi muda di dalamnya.

Dalam kegiatan PRT 2015 ini mengumpulkan 47 supplier yang menyediakan berbagai komoditas pertanian, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, pangan, tanaman, daging, seafood, telur, rempah, dan makanan siap saji. Hiburan yang bertemakan “Semua tentang Indonesia” dimeriahkan oleh siswa SDN Polisi 4 Bogor dan mahasiswa IPB yang menampilkan beberapa tari daerah. Lalu, Youth Agricultural Social Enterpreneur, lomba proposal bisnis bidang pertanian untuk mahasiswa D3 dan S1 se-Jawa Barat. Terakhir, Business Match Up, AgriSocio bertindak sebagai mediator dalam mempertemukan supplier dengan para calon buyer.

PRT  ini diharapkan menjadi budaya dan event yang dinanti-nantikan oleh masyarakat, karena di acara ini petani dapat menjual langsung produknya ke konsumen. Konsumen dapat membeli produk pertanian berkualitas dengan harga yang murah. Acara ini juga menjadi tempat generasi muda berkontribusi, belajar, dan memandang pertanian sebagai masa depan yang cerah. Rencananya PRT selanjutnya akan dilaksanakan 29-30 Agustus 2015 mendatang.

Sumber: http://news.ipb.ac.id/news/id/40467a2e1ed37b27e7812b99d0f9a610/pasar-rakyat-tani-2015-di-kampus-ipb.html