Menristekdikti M Nasir secara resmi meluncurkan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 pada Kamis 15 Januari 2015 di Auditorium Lantai 2 Gedung D Ditjen Dikti. Penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi negeri (PTN) menggunakan tiga tahap, yaitu: SNMPTN; Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN); dan Ujian Mandiri (UM).

Pendaftaran SNMPTN 2015 dimulai dari 13 Februari 2015 sampai 15 Maret 2015. Proses pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dimulai dari 22 Januari hingga 8 Maret 2015. Pengolahan data akan dilakukan mulai 1 April hingga 31 Mei 2015. Pengumuman kelulusan peserta SNMPTN dilakukan pada 9 Mei 2015. Dan pendaftaran ulang untuk peserta yang lulus dilakukan pada tanggal 9 Juni 2015 bersamaan dengan ujian tertulis SBMPTN.

Menristekdikti menghimbau agar pada pelaksanaan SNMPTN 2015 tidak terjadi diskriminasi kepada setiap peserta, baik itu peserta penyandang disabilitas maupun peserta yang berada di daerah terluar.
“Semua mendapat hak yang sama. Sehingga pendidikan lebih terjamin dan merata,” ujar M Nasir.

Menristekdikti juga mengatakan pada sambutannya bahwa sistem penyelenggaraan SNMPTN masih perlu dievaluasi, terutama dengan adanya penggabungan antara Kemeterian Riset dan Teknologi dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Menristekdikti berharap agar Perguruan Tinggi dapat memberikan respon yang positif mengenai perubahan tersebut demi kelancaran proses pembelajaran di negeri ini. (flh/humasristek)