Kemenristekdikti diwakili Kepala Bidang Pemetaan Iptek Masyarakat, Syachrial Annas melakukan panen pada acara Panen Perdana padi varietas Sidenuk di lahan kebun contoh (demplot) Desa Sekaran, Kec. Loceret, Kab. Nganjuk, Jawa Timur pada Kamis 26 Maret 2015. Panen dilakukan secara simbolikĀ  oleh Kemenristekdikti denganĀ  perwakilan Polres Nganjuk yang diwakili Santoso serta disaksikan kelompok tani desa setempat.

Polres Nganjuk melakukan kerjasama dengan Kemenristekdikti sebagai tindak lanjut kerjasama Kemenristekdikti dengan Polri di bidang pangan dalam rangka pelaksanaan program Speklok-KIMas di Asisten Deputi Iptek Masyarakat Deputi Bidang Pendayagunaan Iptek. Kerjasama ini masih didukung oleh BATAN, PP Kerja, UNPAD, dan PT SRI.

Penanaman padi varietas sidenuk memang mengeluarkan biaya yang lebih, namun petani tidak perlu takut karena nantinya akan menghasilkan panen yang lebih pula. Semua itu terbukti setelah 90 hari akhirnya dilaksanakan panen di demplot seluas setengah hektar tersebut, dan potensi hasil panennya adalah 4-5 ton. Bahkan sebelum dilaksanakan panen, beberapa anggota kelompok tani yang melihat perkembangan tanaman di demplot tersebut langsung tertarik dan langsung mencobanya di sawah mereka dengan bimbingan tenaga ahli Kemenristekdikti. (flh/humasristek)