Jakarta,  5 Maret 2015

Assalamu a’laikum Wr. WbSelamat sore, salam sejahtera untuk kita semua
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat hadir di sini dalam rangka pelantikan Rektor Universitas Tadulako, Direktur dari Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Negeri Pontianak dan Direktur Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar.
Pada kesempatan ini ijinkan saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Sdr.Ir.Darmawani, MT selaku Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin dan Sdr. Mahyus, S.Pd, MM selaku Direktur Politeknik Negeri Pontianak atas dedikasi dan kontribusi pencapaian kinerja selama ini dalam mengembangkan institusi.    

Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada pejabat Rektor dan Direktur yang dilantik. Selamat mengemban amanah yang telah dipercayakan kepada Saudara-Saudara, dan pesan saya  agar Saudara-saudara dapat melanjutkan program-program yang masih tertunda, tetap menjaga dan terus ditumbuhkan suasana kampus yang kondusif, mengembangkan atmosfir akademik dan terus menghasilkan karya-karya  penelitian dan inovasi terbaik, agar karya-karya maupun inovasi tersebut selain dapat bermanfaat dan dirasakan langsung oleh masyarakat juga sangat diperlukan dalam rangka peningkatan perolehan publikasi baik nasional maupun internasional guna mendukung tercapainya daya saing bangsa. 

Bagi Direktur Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar saya harap dapat mengembangkan pendidikan vokasi yang berorientasi pada lapangan kerja di daerah maupun dunia usaha dan dunia industri dan memperluas akses pendidikan tinggi di daerah. Selain itu saya juga ingin menyampaikan pesan kepada Rektor dan para Direktur yang dilantik untuk tetap memberikan layanan yang prima kepada masyarakat dalam bentuk hadirnya instititusi dan sivitas akademika di tengah masyarakat dalam penyelesaian persoalan yang timbul di masyakarat  dan memberikan solusi penyelesaian, sehingga keberadaan institusi dan sivitas akademika sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar. Hal ini juga sejalan dengan dharma ketiga dari Tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. 

Untuk mencapai itu semua tentunya perlu didukung oleh tata kelola yang baik,  dan saya berharap perlu dilakukan penataan dan perbaikan tata kelola, baik yang berkaitan dengan organisasi maupun dalam hal pengelolaan anggaran, agar dapat dikelola secara transparan dan akuntabel serta sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ada. Tidak lupa pula, Saudara-Saudara dapat terus melaksanakan program reformasi birokrasi serta peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat dengan cara dan bentuk layanan yang sesuai dengan aturan yang ada.
Pada kesempatan ini pula saya menyampaikan pesan dan harapan bagi istri Rektor dan Direktur yang dilantik agar senantiasa memberikan dukungan moril dan memberikan suasana kebatinan yang tenang dan damai sehingga Rektor dan Direktur yang dilantik dapat menjalankan tugas dan amanah dengan baik, karena tanpa dukungan tersebut tidak mustahil apa yang dilaksanakan dikhawatirkan akan berdampak kurang baik dalam pencapaian kinerjanya. 
Sekali lagi saya ucapkan selamat mengemban tugas dan amanah yang mulia ini kepada Rektor dan Para Direktur yang telah dilantik semoga dalam melaksanakan tugas dan amanah tersebut dapat diberikan kekuatan dan petunjuk dari Allah SWT. Amin.

Akhir kata saya menyampaikan permohonan maaf bila ada kata-kata saya yang dirasa kurang berkenan.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah Wassalamu a’laikum Wr. Wb. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Mohamad Nasir