Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M Nasir menghadiri sidang pleno dalam prosesi pengambilan sumpah jabatan Ketua Mahkamah Konsitusi (MK) Arief Hidayat dan Wakil Ketua MK  Anwar Usman di kantor Mahkamah Konstitusi, Jl. Merdeka, pada Rabu, 14 Januari 2015.

Turut hadir dalam acara ini  antara lain Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla; Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Musryidan Baldan; Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly; Mendikbud, Anies Baswedan; Ketua Ombudsman, Danang Girindawardana; Menteri Bappenas, Adrinof Chaniago; dan Ketua DPD, Irman Gusman.

Sebelumnya  Arief Hidayat terpilih secara aklamasi sebagai Ketua MK periode 2015-2017 dalam rapat tertutup yang dihadiri  sembilan Hakim Konstitusi sesuai dengan amanat  pasal 4 Undang-Undang No 8 Tahun 2011 tentang perubahan UU No 24 Tahun 2003 tentang Mahakamah Konstitusi.  Pemilihan ini dilakukan untuk mendapatkan pengganti Hamdan Zoelva yang telah habis masa jabatannya.

Dalam sambutannya setelah terpilih,  Arief Hidayat menyatakan dirinya dan Anwar bersama seluruh Hakim Konstitusi akan selalu taat pada konstitusi dan menjalankan konstitusi dengan sebaik-baiknya dan selurus-lurusnya agar MK bisa terjaga dengan baik dan putusan-putusannya bisa dijalan oleh seluruh penyelenggara negara. (md/humasristek)