Bandung,  20 Januari 2015

Assalammualaikum Wr Wr.
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

Hadirin yang saya hormati,
Telah kita saksikan bersama acara pelantikan Rektor Institut Teknologi Bandung periode 2015-2010 Prof. Kadarsah Suryadi, dan kitapun telah menyaksikan acara serah terima jabatan dari Rektor ITB periode 2010-2014 Prof. Akhmaloka PhD kepada Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi. Sebagai Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi saya mengucapkan selamat kepada Prof. Akhmaloka PhD yang telah berhasil menyelesaikan mengemban amanah sebagai Rektor ITB dengan hasil yang baik. Banyak keberhasilan yang telah diraih oleh ITB semasa kepemimpinan Prof. Akhmaloka, yang bermanfaat bangsa dan negara. Prof. Akhmaloka telah berhasil mengantarkan ITB menjadi Universitas Riset yang diakui dunia, dimana ITB telah berhasil mendapatkan akreditasi internasional untuk 13 program studi dari lembaga akreditasi internasional yang sangat prestigius baik dari Amerika, Eropa, maupun Asia. Prof. Akhmaloka juga telah berhasil menjalin kerjasama dengan lebih dari 300 perguruan tinggi dari 40 negara. ITB di bawah kepemimpinan Prof. Akhmaloka telah berhasil mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian selama lima tahun berturut-turut. Ini membuktikan bahwa ITB telah berhasilan menjalankan sistem manajemen Tata Kelola Universitas Yang Baik (Good University Governance). Kepada Prof. Akhmaloka saya ucapkan selamat atas semua prestasi gemilang, selamat melanjutkan dan menjalani karya-karya berikutnya, semoga dimanapun Saudara bertugas, Allah SWT akan memberikan kemudahan, kelancaran dan kesuksesan dalam mengemban amanah yang diberikan kepada Saudara.  Kepada Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, sebagai Rektor ITB yang baru, saya ucapkan selamat bertugas, semoga Saudara selalu diberikan kesehatan, kelancaran dan keberhasilan dalam menjalankan amanah yang besar ini.

ITB merupakan perguruan tinggi kebanggaan bangsa. Banyak para pemimpin dan tokoh dilahirkan dan dibesarkan oleh ITB dan telah turut serta membangun negara dari masa ke masa. Dan pemerintah sangat berharap banyak kepada ITB agar senantiasa menghasilkan para lulusannya yang dapat menjadi agen pembangunan (agent of development), yang profesional dalam bidang sains, teknologi, seni dan manajemen yang diperlukan dalam pembangunan nasional.

Sesuai dengan visi dan misi pemerintah dalam pembangungan 2015-2020 (Nawa Cita), ITB memiliki peran penting dalam mengembangkan iptek yang diperlukan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa. Indonesia membutuhkan banyak insinyur dan juga ilmuwan. Apa yang disampaikan oleh Rektor ITB beberapa saat yang lalu, terkait Entrepreneurial University, sangat sejalan dengan program pemerintah dalam program hilirisasi hasil-hasil riset. Perguruan Tinggi Teknik seperti ITB, sudah sewajarnya menjalankan peran mentransformasikan hasil-hasil penelitiannya menjadi karya  yang bermanfaat nyata bagi kehidupan bangsa dan negara, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan dan daya saing bangsa. Telah banyak karya penelitian yang dihasilkan oleh ITB terutama berupa publikasi internasional.  Sehubungan dengan itu, kiranya ITB dapat mendata karya-karya para dosen dan peneliti ITB yang telah dihasilkan baik berupa publikasi ilmiah, paten, prototipe produk maupun produk teknologi yang telah diaplikasikan di tengah masyarakat. Karya-karya tersebut kiranya dapat menjadi landasan bagi ITB untuk menuju “Entrepreneurial University”.

Pemerintah tentu menyambut baik program-program kerja yang disampaikan oleh Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi baik dalam bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Insya Allah program-program tersebut akan sangat besar relevansinya dengan program pemerintah dalam khususnya dalam mewujudkan kualitas hidup manusia yang tinggi, maju dan sejahtera serta dalam  mewujudkan Indonesia yang berdaya saing, seperti yang telah diprogramkan dalam Nawa Cita. 

Program hilirisasi memerlukan dukungan dan kerjasama dari semua pihak, baik perguruan tinggi, industri, UMKM, pemerintah dan masyarakat luas. Demikian pula halnya dengan ITB sebagai perguruan tinggi pemruduksi insinyur dan ilmuwan yang sedang bergerak menuju Entrepreneurial University, akan memerlukan sinergi dengan pemerintah, lembaga-lembaga riset  dan industri serta komponen masyarakat lainnya. ITB telah dilengkapi dengan disiplin ilmu sains dan teknik yang sangat luas spektrumnya, ITB menjadi kekuatan bangsa dalam turut mewujudkan program hilirasisasi. Masyarakat telah menunggu karya-karya ITB, dan pemerintah turut mendukung program-program  kerja yang dijalankan oleh ITB.

Hadirin yang saya hormati,
Pada kesempatan ini pula saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pimpinan dan Para Anggota MWA ITB serta Pimpinan dan Anggota Senat ITB yang telah berhasil menjalankan proses pemilihan Rektor ITB dengan baik dan lancar. Sungguh suatu keharuan dan kebanggaan, bahwasanya MWA ITB telah berhasil menciptakan suasana kondusif dalam pemilihan Rektor yang telah diselesaikan dengan cara musyawarah mufakat. Semoga ini dapat menjadi contoh bagi perguruan-perguruan tinggi lainnya di negeri ini. Selamat kepada Pimpinan dan para Anggota MWA ITB atas keberhasilannya dalam menjaga suasana kekeluargaan sebagai jati diri bangsa yang paling mendasar.
Akhirnya di akhir sambutan ini saya ucapkan selamat kepada segenap civitas akademika ITB yang telah memiliki Rektor baru, semoga Rektor baru, Prof. Kadarsah Suryadi dapat menjalankan amanah ini dengan penuh barokah dan selamanya dalam lindungan Allah Swt, amiin.
Wabilahi taufik wal hidayah, wassalammualaikum wr wb.

Bandung, 20 Januari 2015
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi

M. Nasir