UNS memasuki usia ke-39 pada 11 Maret 2015. Panitia Dies Natalis ke-39 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan berbagai kegiatan yang telah berlangsung sejak bulan Desember 2014 hingga Mei 2015. Kegiatan tersebut terbagi dalam 5 bidang yaitu olahraga, seni, kegiatan ilmiah & pameran ilmiah, pengabdian masyarakat, dan seremonial.

Menristekdikti M Nasir mewakili Presiden RI menghadiri dan memberikan sambutan pada rangkaian acara Refleksi Dies Natalis (10/3) dan Sidang Senat Terbuka Dies Natalis (11/3). Pada sambutan Sidang Senat Terbuka Dies Natalis, Menristekdikti mengharapkan agar UNS mampu memperkuat dan membina sebuah Science and Technology Park (STP) yang kedepan dapat dijadikan trademark bagi UNS dan masyarakat sekitar, sehingga kedepan akan lahir berbagai produk inovasi yang berorientasi pasar dari UNS, dan dikomersialisasi melalui STP yang dibina dan dilahirkan oleh UNS. Selain itu, Menristekdikti juga berharap agar UNS segera menjadi Perguruan Tinggi Negara Berbadan Hukum (PTNBH).

Sidang Senat Terbuka Dies Natalis yang dilaksanakan di Auditorium UNS tersebut turut dihadiri oleh Mahfud MD, Akbar Tanjung, Chairul Tanjung, Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, para rektor/ pimpinan perguruan tinggi Jawa tengah, dan para undangan.

Setelah acara Sidang Senat Terbuka, Menristekdikti didampingi oleh Bapak Ravik Rektor UNS mengunjungi Pameran Inovasi Komersialisasi Produk Riset UNS yang sedang berlangsung di Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS. (flh/humasristek)