Dalam rangka menyiapkan rancangan kebijakan dan program-program prioritas tahun 2015, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakornas)  bertemakan “Peningkatan Daya Saing Bangsa melalui Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi dan Inovasi”.

Penyelenggaraan Rakernas ini bertujuan untuk (1) integrasi kebijakan dan program-program prioritas di bidang riset, teknologi dan pendidikan tinggi; (2) peningkatan akses dan kualitas layanan pendidikan tinggi; (3) penguatan inovasi melalui hilirisasi hasil-hasil penelitian; (4) penguatan sinergitas sumber daya pendidikan tinggi dan sektor industri dalam upaya penguatan daya saing bangsa.

Rakornas ini dibuka pada tanggal 26 Februari 2015 oleh Menristekdikti di Hotel Grand Sahid Jaya, dihadiri oleh pejabat Kemenristekdikti, pejabat LPNK Ristek, Pimpinan Perguruan TInggi Negeri, Pimpinan Kopertis Wilayah I-XIV, BAN-PT, APTISI, ABPTSI, Dewan Riset Nasional, Dewan Pendidikan Tinggi Nasional, dan perwakilan dari APINDO.

Rakernas ini juga akan mendatangkan pembicara dari luar negeri untuk berbagi pengalaman kepada peserta Rakernas setelah acara pembukaan, yaitu Prof. Hedeaki Kasai dari Osaka University yang akan menyampaikan materi “How to Develope Research Culture in Academic Environment” dan Mrs. Holly White, Regional Head of The Science and Innovation Network, Asia-Pacific Councellor, British Council, Beijing yang akan membawakan materi “Experience in Implementing Innovation Policies at Department for Business, Innovation, Skill, UK”.

Melalui penyelenggaraan Rakernas ini diharapkan seluruh stakeholder Kemenristekdikti baik di pusat maupun yang di daerah memiliki komitmen yang sama atas pencapaian target kinerja program-program prioritas yang telah ditetapkan dalam Renstra 2015—2019. Selain itu hasil Rakernas ini juga diharapkan dapat menghasilkan berbagai kebijakan dan rencana aksi untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi, inovasi dan hilirisasi hasil penelitian, peran industri pada pendidikan tinggi serta untuk memperkuat tata kelola kelembagaan di lingkup Kemenristekdikti. (flh/humasristek)