I3E (Indonesia Innovations and Innovators Expo) merupakan pameran yang diselenggarakan oleh Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti pada 19-22 November 2015 di Mall Grand Indonesia lantai 3A. Pameran dilakukan dalam rangka menggalakkan program Hilirisasi Inovasi, Direktorat PPBT sangat sadar pentingnya intermediasi dan inkubasi bisnis untuk mendorong hasil riset berbasis teknologi menjadi inovasi.

Tampak jelas pada sambutan Menristekdikti M. Nasir di pembukaan pameran I3E bahwa Menteri Nasir menyambut baik terselenggaranya pameran ini karena sangat penting sebagai ajang promosi dan penyebaran informasi berbagai produk inovatif yang telah dihasilkan oleh inventor dan inovator Indonesia, khususnya yang didukung dan dibina oleh Kemenristekdikti.

“Kita ingin memperlihatkan pada masyarakat bahwa bangsa kita mampu menghasilkan produk-produk yang bermutu dan  berdaya saing tinggi,” ujar Menteri Nasir (19/11).

Pameran yang dibuka oleh Menristekdikti ini merupakan sarana strategis bagi industri inovatif yang terlibat untuk mencari investor, menambah jaringan bisnis, menggali kerjasama serta kontrak-kontrak bisnis baru dengan berbagai mitra usaha, dan mengembangkan pangsa pasar di dalam serta luar negeri.

Menteri Nasir mengatakan, “Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong terciptanya ekosistem yang kondusif untuk pengembangan industry-industri pemula berbasis teknologi yang nantinya mampu menghasilkan produk-produk inovatif berdaya saing tinggi”.

Kemenristekdikti akan mendorong dan mengarahkan institusi perguruan tinggi dan lembaga litbang untuk tidak hanya berorientasi pada litbang yang hanya menghasilkan sebatas publikasi ilmiah, namun juga harus lebih berorientasi pada litbang yang hanya bisa menghasilkan produk-produk inovatif bernilai tambah tinggi yang bisa dipasarkan dan bermanfaat bagi masyarakat. (flh/bkkpristekdikti)