Rona wajah bahagia tak bisa disembunyikan oleh Dedin Anike Putra. Bagaimana tidak, ditengah hujan yang mengguyur Kota Malang, mahasiswa semester satu jurusan Teknik Informatika Universitas Brawijaya (UB) itu disambangi langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Sutrisna Wibawa beserta Rektor UB, Mohammad Bisri.

Dedin merupakan salah satu mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi UB yang masuk melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015. Ayahnya hanyalah seorang pedagang bakso, sementara sang ibu membuka warung kecil di kediamannya. Dedin yang merupakan anak kedua dari 3 bersaudara ini merasa sangat beruntung dapat diterima di UB, karena menurutnya persaingan di UB cukup ketat. “Saya hampir tidak percaya dapat masuk UB, karena saya tahu saingan saya sangat banyak dan saya lahir dari keluarga yang kekurangan”, ujarnya.

“Bidikmisi merupakan usaha pemerintah mengangkat siswa berprestasi supaya bisa kuliah,” ucap Sesdirjen Belmawa, Sutrisna Wibawa di kediaman Dedin, Senin (9/11/2015). Sutrisna menambahkan bahwa bila terus belajar dengan rajin kiranya Dedin akan menjadi orang yang sukses.

Pada kesempatan itu, Sutrisna sempat menanyakan kepada Dedin apakah sudah memiliki komputer atau belum mengingat jurusan tempatnya menimba ilmu berhubungan dengan alat tersebut. Anak kedua dari tiga bersaudara itu pun mengaku saat ini dirinya baru memiliki laptop untuk menyelesaikan tugas kuliahnya.

“Nanti uang bidikmisi bisa dikumpulkan untuk beli komputer. Apalagi kamu di sini masih tinggal dengan orangtua. Yang penting harus rajin belajar dan berprestasi,” pesannya.

Ayah Dedin, Bakat menceritakan bahwa selama sekolah anaknya tak pernah neka-neko dan selalu semangat untuk belajar. Sebagai orangtua, dia merasa sangat bangga anaknya bisa kuliah di salah satu universitas ternama di Indonesia.

“Dari dulu anaknya jarang main, dia dulu lulus dari SMK. Saya berterimakasih kepada pemerintah yang memberikan kesempatan beasiswa kepada anak saya,” ucapnya.

Sementara Rektor UB, Mohammad Bisri menambahkan, sebagai penerima bidikmisi, Dedin harus menjadi mahasiswa yang cerdas dan bisa mencapai IPK tinggi. Terlebih jurusan Teknik Informatika termasuk jurusan favorit di UB.

“Kamu adalah salah satu yang beruntung yang bisa dikunjungi langsung oleh Bapak Sesdirjen. Buatlah orangtua bangga dengan bisa lulus tepat waktu. Godaan mahasiswa itu banyak, jadi harus bisa tetap lurus,” paparnya.

Dedin yang terkadang tidur beralaskan kasur busa seadanya didepan rumahnya itupun hampir tak bisa berkata-kata lantaran merasa sangat bahagia dan bangga. (dzi/bkkpristekdikti)