Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M Nasir  melakukan sidak ke Kopertis Wilayah III untuk melihat kondisi nyata yang ada di lapangan, terutama pada aspek pelayanannya  pada Kamis, 08 Januari 2014.

Dalam rangka untuk kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi, Menristekdikti, M Nasir meminta kepada kopertis untuk membuat pedoman  melalui Dikti dengan membuat   pengumuman kepada masyarakat bahwa kalau masyarakat membutuhkan informasi perguruan tinggi bisa segera didapatkan di website forlap.dikti.go.id.

“Oleh karena itu dengan kementerian inilah yang akan kami follow up jangan sampai terjadi masalah-masalah di kemudian hari. Kalau misalnya terjadi di masyarakat ada perguruan tinggi yang tidak sehat akan masuk dalam pembinaan,” ujar M Nasir.

Lebih lanjut, M Nasir mengatakan untuk masalah pembinaan kalau misalnya kecil akan dilakukan merger dan kalau sudah berkembang akan lebih dikembangkan lagi. Dalam tahap pembinaaan juga bisa macam-macam bentuknya, misalnya dari peningkatan jumlah dosennya, namun masih harus dilihat dahulu permasalahannya.

“Sehingga saya ingin memilahkan dalam kelompok ini, oleh karena itu saya meminta Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI)  membuat cluster mana perguruan tinggi yang sudah besar, bagus, sedang, dan tidak bagus karena perguruan tinggi yang kecil, sedang, besar, tidak bisa dilakukan dengan pembinaan yang sama,” kata M Nasir mengakhiri sambutannya. (md/humasristek)