Sabtu 31 Januari 2015, Menristekdikti melakukan kunjungan kerja ke Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jatim di Surabaya, Jatim didampingi Staf Khusus Menristekdikti Lukmanul Hakim dan Asisten Deputi Iptek Industri Kecil dan Menengah Hadirin Suryanegara. Menristekdikti disambut dengan hangat oleh Rektor UPN “Veteran” Teguh Soedarto, para pejabat setempat, dosen, dan mahasiswa.

Hal pertama yang dilakukan menristekdikti pada kunjungan ini adalah meninjau pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) karya mahasiswa dan dosen UPN “Veteran” Jatim di Gedung TechnopreneurshipUPN “Veteran” Jatim. Setelah meninjau pameran, Menristekdikti mendapat paparan mengenai latar belakang, visi, misi, dan perkembangan UPN “Veteran” Jatim oleh Teguh Soedarto. UPN “Veteran” Jatim memiliki puluhan hasil riset TTG yang sudah diimplementasikan untuk mendukung program pemberdayaan masyarakat pada 86 daerah tertinggal di Indonesia dan sudah berjalan selama 6 tahun dengan sekitar 40-an karya mahasiswa/dosen yang sudah memiliki HAKI (Hak Kekayaan Intelektual).

Menurut Menristekdikti, hasil-hasil riset di UPN “Veteran” Jatim telah mengarah pada hilirisasi dan komersialisasi. Menristekdikti juga berpendapat bahwa UPN “Veteran” Jatim telah berkembang dengan pesat dan melakukan pengelolaan dengan baik, sehingga berpeluang untuk menjadi Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum (PT-BLU).(flh/humasristek)