“Sejatinya, produk inovasi adalah hasil dari interaksi antara lembaga penghasil teknologi, pengguna teknologi dan produsen teknologi yang berlangsung secara dinamisgiuna peningkatan daya saing bangsa.”  Demikian disampaikan Jumain Appe , Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti pada acara seleksi Budhipura yang dilakukan di Ruang Rapat Utama Lantai 24 Gedung II, tanggal 28 Juli 2015 yang lalu. Penghargaan Budhipura merupakan penghargaan tahunan dari Kemenristekdikti dan diberikan kepada pemerintah provinsi yang secara signifikan memberikan perhatian serius kepada pengembangan kelembagaan, sumberdaya dan jaringan iptek sehingga menjadi lokomotif pembangunan di daerahnya. Penghargan ini dimulai sejak  tahun 2012 dan merupakan instrumen kebijakan dari adanya peraturan bersama menristek dan mendagri tentang penguatan system inovasi daerah yang ditandatangani pada April 2012.

Acara ini dibuka oleh Ophirtus Sumule, Direktur system inovasi Kemenristekdikti. Dalam penjelasannya, Ophirtus Sumule menyampaikan bahwa kriteria untuk mendapatkan anugerah budhipura pada 2015 ini semakin ketat disbanding tahun tahun sebelumnya , karena harus diselarasikan dengan renstra Kemenristekdikti yaitu upaya upaya peningkatan daya saing nasional , yang antara lain tergambar dari adanya hilirisasi hasil litbang pemerintah/industry yang berkontribusi secara signifikandi masyarakat.

Ophirtus Sumule juga mengharapkan pertemuan kali ini sekaligus dimanfaatkan untuk saling bertukar informasi antar pemerintah provisi sebagai basis kerjasama antara wilayah serta menjadi feedback bagi lembaga iptek untuk menetapkan tema-tema riset yang akan dilakukan dikemudian hari. Dalam acara presentasi , ada 7 (tujuh) pemerintah provinsi  yang ikut yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Lampung, Sulawesi Selatan dan Gorontalo yang menjelaskan program pengembangan SIDa dihadapan para juri .  Tim Juri ini dipimpin Hotmatua Daulay, Direktur Pengembangan Teknologi Industri. Para pemapar antara lain sekda, staf ahli gubernur, atau kepala badan penelitian dan pengembangan. Para gubernur pemenang Anugerah Iptek Budhipura akan menerima piala dari Menristekdikti pada puncak peringatan Hakteknas dihadapan para undangan yang hadir. Acara diakhiri dengan santap siang dan foto bersama. (dirtsi-dpi/bkskpristekdikti)