Seusai berpuasa satu bulan lamanya, kini seluruh umat Islam bergembira atas datangnya hari kemenangan yaitu Idul Fitri. Hari Idul Fitri adalah saat yang tepat untuk berkumpul bersama sanak keluarga dan kerabat untuk saling menjabat tangan dan memaafkan satu sama lain.

Dalam suasana Idul Fitri 1436 H., Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi menggelar acara Halal Bihalal pada Rabu, 22 Juli 2015. Acara ini dilaksanakan di Auditorium Dikti lantai 3, Senayan dan dihadiri oleh Menristekdikti, Sekjen Menristekdikti, para Dirjen Menristekdikti, para Direktur Menristekdikti,  para pejabat di lingkungan Kemenristekdikti, kepala LPNK, perwakilan dari BAPETEN, LAPAN, BSN, BIG, LIPI, BATAN dan seluruh pegawai.

Acara diawali dengan pembacaan Alquran dan dilanjutkan dengan sambutan Menristekdikti, M. Nasir. Dalam kesempatan yang berbahagia ini Menristekdikti dalam sambutannya menyampaikan ucapan “Taqobalallahu minna waminkum siyamana wa siyamakum, minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin, mungkin dalam pertemuan yang selama ini kita lakukan, ada perkataan yang tidak berkenan bagi kita semuanya, saya atas nama Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengucapkan mohon maaf yang sebesar- besarnya,” ucap M. Nasir.

Setelah sambutan singkat Menristekdikti, acara dilanjutkan dengan tausiah atau siraman rohani . “Kita seringkali terjebak pada suatu pemahaman yang biasa terjadi setelah berakhirnya bulan puasa, yaitu kita merasa bebas seperti kuda yang lepas dari kandangnya.  Makna yang sebenarnya, dengan datangnya bulan Syawal adalah awal dari sebuah perjuangan baru, dengan modal satu bulan kita berpuasa untuk perjuangan 11 bulan berikutnya. Berbeda halnya dengan tinju, berlatih satu tahun hanya untuk 12 ronde, satu ronde selam 3 menit yang berarti satu kali bertanding 36 menit. Berbeda dengan konteks puasa, sebulan penuh kita berpuasa merupakan bekal kita untuk menyongsong perjalanan yang panjang,” ingat KH. DR. Sofwan Nidzomu.

Setelah doa oleh KH. Abdul Ghafur Ali, acara inti berupa dengan salam-salaman dan bermaaf-maafan antara para pejabat dan diakhiri dengan makan siang bersama. Selamat Idul Fitri 1436 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin. (dr-pkl/kskpristekdikti)