Menristekdikti, M. Nasir pada Minggu, 5 Juli 2015 melakukan kunjungan ke Universitas Muria Kudus ditengah acara berbuka puasa bersama dengan 300 anak yatim dari 20 panti asuhan di Kudus.

Dalam kesempatan tersebut, M. Nasir menyebut Universitas Muria Kudus (UMK) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Jawa Tengah, hal itu disampaikannya di depan ratusan peserta yang terdiri atas sivitas akademika UMK dan anak-anak yatim piatu di Masjid Darul Ilmi UMK.

‘’Di Jawa Tengah, UMK ini salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terbaik, sehingga harus dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnnya,’’ ujar Nasir. Dalam kunjungan perdananya di kampus UMK, M. Nasir juga menyampaikan pentingnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), karena ini berkaitan dengan daya saing bangsa dan pertarungan di dunia global.

‘’Peningkatan SDM sangat penting, untuk itu kualitas pendidikan harus ditingkatkan. Allah SWT menegaskan, bahwa derajat orang yang beriman dan berilmu itu akan diangkat dalam derajat yang tinggi,” ungkap M. Nasir dengan menyitir salah satu ayat dalam al-Qur’an.

M. Nasir juga berharap akademisi dari Fakultas Pertanian dan UMK secara umum, mengembangkan keilmuan dan menghasilkan riset-riset yang bermutu. ‘’Untuk yang dari Fakultas Pertanian, sudahkah melakukan riset untuk menghasilkan bibit berkualitas dan menjanjikan, baik padi, kedelai dan tanaman pangan lainnya. Apa yang sudah disumbangkan pada negara?’’ tanya M. Nasir. (is-pkl/humasristek)