Dalam kesempatan bulan Ramadhan 1436 H., Menristekdikti mengadakan acara Buka Puasa Bersama pada Jumat, 3 Juli 2015 di Ruang Auditorium, lantai 3 Gedung 2 BPPT di Jakarta pukul 17:00 dan dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Kemenristekdi, Dharma Wanita Persatuan (DWP), Kepala LPNK, perwakilan dari BAPETEN, LAPAN, BSN, BIG, LIPI,BATAN dan seluruh pegawai. Tujuan dari kegiatan rutin ini adalah agar mempererat tali silaturrahmi dan persaudaraan antar pegawai  di Kemenristekdikti.

Mengusung tema “Dengan Puasa Ramadhan 1436 H., Kita Jadikan Momentum Meningkatkan Profesionalisme, Loyalitas dan Pelayanan Prima sebagai Buah dari Ketakwaan”, acara diawali dengan lantunan ayat suci Al- Qur’an dan sambutan singkat Menristekdikti M. Nasir, ”Ada satu hadits yang mengatakan, barang siapa yang memberi ifthar kepada orang yang sedang berpuasa maka pahalanya sama seperti yang berpuasa dan tidak dikurangi sedikitpun, mudah- mudahan seperti itu,” ujar Nasir.

Sebelum memasuki acara Buka Bersama, acara dilanjutkan dengan  tausiah untuk menambah keilmuan dan ketakwaan di bulan suci Ramadhan. “Buah dari ketakwaan sangat banyak sekali, bila kita lihat dari surah Al- Baqarah ayat 183 tentang perintah berpuasa, Allah telah janjikan agar lepas dari bulan Ramadhan ini menjadi orang yang muttaqin atau orang yang bertakwa,” pesan penceramah.

 Dalam Surah Surat At-Talaq, 65:2-3 disebutkan Wa man yattaqillaha yaj‘al lahu makhraja – wa yarzuqhu min haytsu la yahtasib, yang artinya “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya”. (dara-pkl/humasristek)