Rapat Pra Rakornas tahap ke-2 digelar pada hari Rabu, 8 Juli 2015 di Ruang Komisi I Gedung II BPPT lantai 3 . Pra Rakornas ini bertujuan untuk menindaklanjuti Rapat Pra Rakornas tahap I yang telah diselenggarakan pada Rabu, 1 Juli 2015.

Dalam Rapat Pra Rakornas kali ini dipimpin oleh pimpinan sidang antara lain, di bidang pangan sidang pimpin oleh Hari Purwanto, di bidang maritim dipimpin oleh Agus Puji Prasetyono, sedangkan di bidang energi dipimpin oleh Didik Notosudjono. Agenda utama  Pra Rakornas tahap ke-2 ini adalah peningkatan intesitas kerjasama lembaga risbang dan dunia usaha untuk penguatan daya saing nasional dan pembahasan topik pengurusutamaan riset dalam bidang teknologi yang terkait kemandirian pangan, energi dan kesiapan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Rapat Pra Rakornas tahap ke-2 membahas mengenai menyusun langkah-langkah dalam upaya hilirisasi dan komersialisasi hasil-hasil iptek lembaga litbang dan perguruan tinggi sesuai PRJMN 2015-2019. Bidang yang dibahas dalam Rapat Pra Rakornas tahun 2015 adalah Food, Energy dan Maritime. Bidang yang dipilih sesuai dengan target yang ingin dicapai pemerintah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Seperti dalam bidang pangan Presiden Joko Widodo Menginginkan Indonesia melakukan swasembada pangan terutama beras, gula dan kedelai agar Indonesia tidak bergantung dari hasil Impor negara lain untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Untuk meningkatkan produksi  dalam negeri terutama beras Presiden Joko Widodo memberikan bantuan kepada para petani berupa alat pertanian ke beberapa daerah dan memberikan pupuk, bibit unggul, membangun waduk, memperbaiki dam dan jaringan irigasi. Rapat Pra Rakornas kali ini dihadiri oleh Kementerian ESDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kemenko Maritim, Kementerian PU, Kemenhub. (ass/is-pkl/humasristek)