Selain melukan kunjungan kerja ke Universitas Jember, Menristekdikti M Nasir juga mengunjungi Politeknik Negeri Jember (Polije) pada Sabtu 17 Desember 2015. Menristekdikti disambut oleh Direktur Polije, Nanang Dwi Wahyono; Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Sivitas Akademika; dan para mahasiswa.

Dalam kunjungan yang singkat ini, Menristekdikti hanya berkesempatan untuk meninjau hasil produk dari beberapa UPT yang dimiliki Polije, yaitu: UPT Aneka Pangan dan Produk Beku yang memproduksi aneka kue dan roti; UPT Aneka Minuman yang kaya oksigen; UPT Peternakan dan Jasa yang memproduksi pakan ternak sapi dan unggas; dan UPT Produksi Pertanian Dataran Tinggi yang memproduksi bunga potong.

Sembari meninjau produk-produk tersebut, setiap kepala UPT memaparkan perkembangan dan pencapaian UPT masing-masing. Menurut Menristekdikti, produk-produk unggulan teresebut harus terus dikembangkan baik kualitas maupun kapasitasnya agar menjadi industri yang sehat dan berkembang.
Di sela-sela kunjungan tersebut, Menristekdikti menerima paparan dari Direktur Polije bahwa Polije telah banyak melakukan pemberdayaan masyarakat melalui berbagai pelatihan dengan memanfaatkan teknologi terapan, baik yang dikembangkan oleh dosen maupun mahasiswa. Polije juga telah banyak menghasilkan teknologi terapan dan sudah dimanfaatkan oleh masyarakat.

Menristekdikti berharap agar setiap teknologi terapan yang sudah dikembangkan harus berguna dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menristekdikti juga berharap bahwa hasil riset perguruan tinggi harus aplikatif dan sejalan dengan dunia usaha, sehingga dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan produktifitas pembangunan nasional.(flh/humasristek)