Momen Refleksi Sekaligus Proyeksi Masa Depan Unesa

Kemeriahan tersaji di depan Gedung Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya saat sekitar 2000 orang yang terdiri atas mahasiswa, dosen, dan tenaga akademik meramaikan acara launching dies natalis Unesa ke-53 minggu (24/9) pagi. Uniknya, acara pagi itu sangat kental dengan nuansa ulang tahun unesa seperti penampilan 53 penari dan pelepasan 53 burung.

Prof Warsono, Rektor, dalam sambutannya berbagi tentang makna pentingnya dies natalis unesa kali ini. Menurutnya, ini adalah sebuah momen untuk melakukan refleksi atas perjalanan Unesa.

“saya mengajak semua pihak untuk menjadikan ini sebagai momen untuk mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan setahun lalu untuk kemudian menjadi masukan dalam menyiapkan sesuatu yang kita harus lakukan ke depannya.”, terangnya

Rektor melanjutkan evaluasi ini berkaitan dengan tupoksi Unesa sebagai bagian pemerintah yang menjalankan pelayanan umum di bidang pendidikan.

“Tugas Unesa adalah mencerdaskan anak bangsa. Oleh karena itu, dengan mendapatkan beragam fasilitas dari negara, kita harus mempertanggungjawabkannya dengan menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan baik”, jelas pengajar PPKN

Di depan para hadirin, Rektor mengajak segenap sivitas akademika untuk terus meningkatkan kualitas demi pengembangan kampus. Pakar Pancasila ini sempat memberikan beberapa catatan kemajuan yang sudah dicapai unesa. Ia bercerita tentang tren positif perbaikan akreditasi program studi.

“Sejak 2014 kita terus mendorong peningkatan akreditasi. Bila dulu hanya hanya 10 prodi yang terakreditasi A, kini sudah ada 30. Akreditasi merupakan jaminan kepada masyarakat bahwa bila anaknya berkuliah di unesa maka akan mendapatkan kompetensi yang berguna kelak”, terangnya

Perubahan lain yang terus diusahakan ialah melengkapi sarana dan prasarana perkuliahan. Tahun ini, Unesa memulai pembangunan banyak gedung yang representatif mulai graha unesa untuk lokasi wisuda, gedung student centre, pascasarjana, serta pembangunan di tingkat fakultas seperti di FMIPA, FE dan FISH.

“Kita sedang berproses menuju perbaikan terus menerus ke depannya untuk beriontasi menuju kelas dunia. Semua tidak lain untuk memberikan bekal kepada anda semua (mahasiswa) agar dapat berandil dalam pembangunan”

Untuk mencapai tujuan tersebut Rektor mengajak segenap sivitas akademika untuk bekerja dengan mengamalkan nilai dasar unesa.

“Tidak cukup dengan kerja keras, tetapi juga kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas. Jika semua diamalkan kita dapat menjalankan program lebih cepat dan mencapai hasil lebih baik”, terangnya

Sementara itu, Wasis, Ketua Pelaksana Rangkaian Dies Natalis ke 53 Unesa, dalam laporannya menyatakan acara ini sebagai pembuka rangkaian kegiatan yang berlangsung hingga desember nanti.

“Kami akan melaksanakan berbagai kegiatan mulai yang sifatnya akademik, kompetisi olahraga dan seni, hingga yang berkaitan dengan sosial dan kemasyarakatan”, terang Wakil Dekan II Fakultas MIPA ini

Acara launching dies natalis ini diisi dengan kegiatan senam bersama, penampilan tari tradisional dan yosakoi, serta penampilan UKM Olahraga. Rangkaian Dies Natalis Unesa akan berlangsung penuh hingga acara puncak desember nanti. Tahun ini tema yang dipilih ialah Berkarya, Berprestasi, Bereputasi. (Humas Unesa)