MEDAN – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menjelaskan bahwa pemerintah senantiasa berupaya memperluas akses masyarakat untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi. Hal ini disampaikan oleh Nasir pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-30 Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda di Medan, Sabtu (26/8).

Pada kesempatan tersebut, Nasir yang didampingi oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Intan Ahmad menerangkan bahwa pemerintah mendorong setiap anak Indonesia untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi.

“Saat ini dari 2,4 juta lulusan pendidikan menengah di Indonesia, baru 1,5 juta saja yang melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Kita akan dorong terus supaya angkanya meningkat,” terang Nasir.

Lebih lanjut Nasir menjelaskan bahwa pemerintah telah mengalokasikan berbagai beasiswa yang bisa diakses oleh mahasiswa dari kalangan masyarakat ekonomi lemah. Untuk itu Nasir menekankan jangan sampai karena terkendala pembiayaan, anak-anak Indonesia tidak mampu mengenyam pendidikan tinggi.

“Jangan sampai ada alasan karena tidak mampu, karena tidak ada biaya, kemudian bisa diterima di perguruan tinggi namun tidak bisa kuliah. Pemerintah akan memperjuangkan. Jangan sampai putus sekolah. Jangan sampai ada anak Indonesia gagal sekolah,” tegas Nasir.

Nasir mengungkapkan lebih lanjut bahwa upaya pemerintah memperluas akses masyarakat terhadap pendidikan tinggi tidak bisa lepas dari peran serta dan partisipasi pemerintah daerah, komponen masyarakat, dan sektor swasta melalui berbagai program pendanaan dan beasiswa untuk membantu anak-anak Indonesia meraih mimpi melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi.

Nasir mengapresiasi upaya Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda yang diinisiasi oleh Sofyan Tan – anggota Komisi X DPR – dalam mendorong siswa lulusannya melanjutkan jenjang ke pendidikan tinggi.

Selain itu Nasir juga mengapresiasi upaya Sofyan Tan Foundation dalam upaya membantu masyarakat ekonomi lemah mengakses pendidikan tinggi melalui beasiswa dan berbagai mekanisme pandanaan lainnya. (MSF)