Tim mobil listrik Arjuna Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses memborong tiga penghargaan dalam Kontes Mobil Listrik Indonesia (KMLI) 2016. Penghargaan tersebut adalah sebagai the best technology dan juara 2 pada kategori slalom serta juara 3 di kategori akselerasi.

“Sangat bangga tentunya dapat meraih tiga penghargaan sekaligus,” kata Lukman, Ketua Tim Arjuna, Selasa (22/11) di Kampus UGM.

Tim mobil listrik Arjuna dibentuk secara resmi pada tahun 2012 silam. Sederet prestasi berhasil diraih dalam ajang KMLI yaitu juara 3 kategori efisiensi pada 2013 dan juara 1 kategori kecepatan serta juara 3 kategori percepatan pada 2014. Selanjutnya pada tahun 2015 berhasil mendapatkan tiga gelar juara yakni juara 2 kategori akselerasi, juara 2 kategori deselerasi, dan meraih penghargan sebagai tim terbaik.

Lukman menyampaikan mobil Arjuna yang dipertandingkan dalam laga KMLI 2016 merupakan mobil listrik generasi 4.1 penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Dalam kompetisi tersebut mobil Arjuna diikutsertakan dalam seluruh kategori perlombaan bersaing dengan 22 mobil listrik lainnya dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Kita ikut dalam 6 kategori lomba yaitu  uji daya tanjak, uji akselerasi, uji deselerasi, uji slalom, uji kecepatan, dan uji efisiensi,” ujarnya.

Selain itu juga diadakan lomba non-kategori seperti presentasi dan poster terbaik, tim terbaik, rancangan konstruksi terbaik, desain terbaik, dan teknologi terbaik. Mobil Arjuna UGM berhasil meraih penghargaan sebagai mobil dengan teknologi terbaik dalam kompetisi ini.

Keberhasilan tim Arjuna UGM dalam KMLI 2016 ini tidak luput dari kreativitas dan inovasi yang terus dilakukan oleh para mahaisswa dengan dukungan dari para dosen pembimbing. Dosen Pembimbing Tim Arjuna, Muslim Mahardika, S.T., M.Eng., Ph.D., menyebutkan capaian tim Arjuna pada tahun 2016 ini seperti mengulang prestasi pada lomba yang sama di tahun sebelumnya.

“Kita terus berupaya melakukan inovasi dan memberikan yang terbaik. Harapannya di tahun-tahun mendatang terus bisa menorehkan prestasi yang membanggakan UGM,” ujarnya.

Sementara Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Ahmad Agus Setiawan, M.Sc., Ph.D., menyampaikan apresiasi atas pretasi yang berhasil diraih oleh tim Arjuna. Dia berharap, kedepan tim Arjuna bisa terus berinovasi dan berpretasi.

“Capaian ini diharapkan bisa memotivasi para mahasiswa untuk melakukan inovasi yang lebih baik lagi di tahun mendatang,” harapnya. (Humas UGM/Ika)