JAKARTA – Untuk pertama kalinya Universitas Diponegoro (Undip) berhasil lolos dalam Shell Eco-Marathon Asia 2015. Kompetisi mobil hemat energi ini akan dilangsungkan di Manila, Filipina pada 25 Februari-1 Maret mendatang.

Dibentuk pada 2013, tim Antawirya lahir dari tangan-tangan kreatif anggota Divisi Workshop Himpunan Mahasiswa Mesin Undip. Mereka pertama kali berlaga pada IEMc 2013, sebuah kompetisi mobil irit bahan bakar besutan Ditjen Dikti dengan panitia penyelenggara mahasiswa ITS.

Kini di bawah asuhan Dr. Susilo Adi Widyanto tim Antawirya akan berlaga mewakili Indonesia dalam kompetisi tingkat Asia Pasifik, Australia dan Timur Tengah tersebut. Mereka unjuk gigi dalam kategori Urban Concept mengguakan bahan bakar bensin.

Seperti dinukil dari laman Undip, Rabu (18/2/2015), pihak kampus berharap, Tim Antawirya bisa menjadi salah satu sarana mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan, terutama di bidang automotif. Kompetisi SEM Asia sendiri digelar secara berkala untuk menciptakan kesadaran kita akan pentingnya hemat energi. Kompetensi mobil hemat energi ini diikuti oleh sejumlah pelajar serta mahasiswa di berbagai negara.

(rfa)

Sumber : http://news.okezone.com/read/2015/02/18/65/1107612/mobil-hemat-energi-undip-lolos-ke-shell-eco-marathon-2015