Depok, 10 Maret 2015 – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. bersama dengan Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met dan Dr. Mochtar Riady meresmikan Gedung Mochtar Riady Plaza Quantum (MRPQ) Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Indonesia.
Mohammad Nasir dalam sambutannya berharap dengan bertambahnya fasilitas penelitian berupa Gedung Mochtar Riady Plaza Quantum (MPRQ) dapat meningkatkan kemampuan riset Universitas Indonesia dan mendorong dosen-dosen di UI melakukan riset yang lebih baik. Riset-riset yang dilakukan diharapkan mampu menghasilkan prototype yang bisa dihilirkan menjadi produk inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. “Semoga dapat mendorong para dosen menghasilkan prototype dan bisa menghasilkan produk inovasi,” ucap Nasir.
Perlu diketahui, ground breaking gedung MRPQ dilaksanakan pada hari Senin 11 Desember 2011 lalu. Gedung MRPQ didirikan di atas lahan seluas 1.900 meter persegi dengan luas bangunan kurang lebih 3.000 meter persegi, memiliki 5 lantai. Gedung ini dirancang oleh seorang arsitek ternama yang merupakan alumni Departemen Arsitektur FT-UI, Yori Antar. Gedung MRPQ dirancang sebagai wadah bagi pembelajaran teknologi nano ini memiliki fasilitas antara lain laboratorium riset, ruang kerjasama riset dan ruang pertemuan.
Setelah meresmikan Gedung Mochtar Riady Plaza Quantum (MRPQ), Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bersama dengan Rektor Universitas indonesia dan Dr. Mochtar Riady meninjau fasilitas-fasilitas riset yang terdapat di Gedung MRPQ. Dengan adanya fasilitas ini diharapkan dapat mendorong Universitas Indonesia menjadi pusat riset unggulan di bidang teknologi nano. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan kontribusi riset di bidang nano device yang bermanfaat bagi masyarakat.(MSF)