Tingkat daya saing Perguruan Tinggi (PTI) Indonesia dalam kancah persaingan global adalah salah satu indicator yang ditetapkan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) untuk periode 2015 – 2019 seperti diamanatkan dalam Rencana Strategis Kemristekdikti. Peningkatan reputasi PTI juga merupakan upaya Kemristekdikti menuju World Clas University (WCU).

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) adalah  salah satu Perguruan Tinggi yang memiliki status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), dan mendapat pengakuan dari Pemerintah saat ini, dengan prestasi-prestasi membanggakan. Pekan lalu, UPI mengharumkan nama bangsa dengan mengirim mahasiswa terbaiknya (Tim Bumi Siliwangi) di ajang bergengsi dunia, dan meraih gelar juara 1 pada SHELL Eco-Maraton Driver’s World Championship 2016 di London – Inggris.

“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada peraih gelar juara 1 di dunia yang mengalahkan prancis dan Filipina,” ucap Menristekdikti dalam kunjungan kerja yang didampingi Dirjen Belmawa Prof. Intan Ahmad di gedung Achmad Sanusi – Universitas Pendidikan Indonesia (13/7).

Mohamad Nasir selalu menyampaikan kepada Perguruan Tinggi agar lebih maju dan lebih baik lagi setiap tahunnya. Pada kesempatan kali ini, UPI  menjadi sorotan sejak menghasilkan inovasi juara kelas dunia untuk tingkat Perguruan Tinggi. Keberhasilan mahasiswa Indonesia ini merupakan bukti nyata bahwa kualitas mahasiwa di Tanah Air mampu bersaing dengan negara-negara lain secara global, termasuk dalam sektor inovasi. Hal ini sekaligus menjadikan UPI layak disebut sebagai Universitas bertaraf Internasional. Ke depannya, UPI diharapkan masuk dalam jajaran Top 5 World Class University.

Menristekdikti mengucapkan sekali lagi selamat kepada Tim Bumi Siliwangi yang telah meraih kemenangan gelar juara pada SHELL Eco-Maraton Driver’s World Championship 2016 pada kesempatan kunjungan kerja serta Silaturahmi Keluarga Besar Universitas Pendidikan Indonesia.

Semoga Perguruan Tinggi Indonesia semakin baik ke depan dan bisa menjadi Universitas Kelas Dunia. Agar Indonesia mampu bersaing secara Internasional.(Widi/bkkp)