KOMPAS.com – Tenggat waktu pendaftaran program beasiswa Studi di Belanda (Studeren in Nederland) atau StuNed ) diperpanjang hingga 1 April 2015. Perpanjangan tersebut sehubungan dengan adanya dana tambahan dari Kedutaan Besar Kerajaan Belanda. Demikian disampaikan Indy Hardono, Koordinator Beasiswa di Netherlands Education Support Office (Neso Indonesia) kepadaKOMPAS.com di Jakarta, Kamis (26/2/2015). Perpanjangan tenggat waktu tersebut berlaku untuk semua modalitas StuNed, meliputi Magister, Kursus Singkat (short course), serta Tailor-Made Training.

“Dan itu berlaku untuk semua program studi dengan fokus khusus bidang terkait dengan iklim bisnis dan investasi. Kami sangat senang menawarkan peluang lebih banyak  bagi warga negara Indonesia untuk melanjutkan studi di Belanda. Saya mendorong para profesional muda Indonesia yang berpotensi tinggi dan ambisius agar mau melamar beasiswa ini sebelum 1 April nanti,” ujar Indi.

Indi mengatakan, penawaran StuNed bertujuan untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia Indonesia dengan fokus pada pelamar berprestasi tinggi dan para profesional muda. Selain itu, program beasiswa ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan antara warga dan organisasi dari Indonesia dan Belanda sehingga dapat memperkuat kerjasama bilateral kedua negara.

Saat ini StuNed memprioritaskan bidang-bidang meliputi Perdagangan Internasional, Keuangan dan Ekonomi, Transportasi, (Agro) logistik dan Infrastruktur, Keamanan dan Penegakan Hukum, Air, Agro-Pangan dan Hortikultura, serta Manajemen Kesehatan. Perguruan tinggi di Belanda sendiri menawarkan berbagai program magister dan kursus singkat yang diajarkan dalam bahasa Inggris terkait bidang-bidang prioritas tersebut. Program studi itu antara lain Hubungan Internasional, Diplomasi Internasional, Hak Asasi Manusia dan Hukum Pidana, Perdagangan Internasional dan Hukum Investasi, Bisnis dan Ekonomi Internasional, Manajemen Air, Pengembangan Lahan dan Air untuk Ketahanan Pangan, Manajemen Rantai Produksi Pertanian, Manajemen Logistik, dan Ekonomi Kesehatan.

“Masih banyak lagi program yang ditawarkan di Belanda terkait dengan salah satu atau beberapa bidang prioritas itu,” kata Indy.

Bagi pelamar yang tertarik, informasi lengkap mengenai program beasiswa ini dapat ditelusuri di www.studyfinder.nl. Sementara itu, informasi lebih lanjut mengenai StuNed tersedia diwww.nesoindonesia.or.id. 

Sumber : http://edukasi.kompas.com/read/2015/02/26/18035851/Masih.Terbuka.Deadline.Beasiswa.StuNed.Diperpanjang.hingga.April.