Sebanyak 2.500 mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi mengikuti kegiatan pembinaan, pengarahan, serta sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan UGM, Selasa (29/3) dan Rabu (30/3) di Grha Sabha Pramana UGM. “Acara ini merupakan wujud tanggung jawab kami untuk mensukseskan salah satu program pemerintah, yaitu Bidik Misi,” jelas Dr. Drs. Senawi, M.P., Direktur Kemahasiswaan UGM.

Pada kesempatan tersebut ia menyampaikan bahwa mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi merupakan harapan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk dapat memutus rantai kemiskinan. Oleh karena itu, ia pun berharap para penerima beasiswa Bidik Misi tidak patah arang dan terus berjuang untuk meraih prestasi sebaik-baiknya. “Kesuksesan bukan monopoli orang kaya, kesuksesan bukan monopoli orang kota, kesuksesan adalah milik kita yang berjuang!” tegas Senawi menutup sambutannya.

Turut hadir sebagai pemateri dalam acara tersebut Birrul Qodriyah, mahasiswa berprestasi UGM tahun 2013 yang semasa kuliahnya juga menjadi penerima beasiswa Bidik Misi. Alumni Fakultas Kedokteran yang pernah membuat mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menangis saat mendengar pidatonya tersebut banyak menceritakan pengalamannya sebagai penerima Bidik Misi. “Dari pertama kali saya masuk UGM hingga saat ini, baru sekali saya masuk kantin Fakultas Kedokteran,” kenang Birrul.  Ia pun berharap mahasiswa penerima Bidik Misi benar-benar dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini.

Setelah penyampaian materi, acara kemudian dilanjutkan dengan sosialisai PKM oleh Kasubdit Kreativitas Mahasiswa, Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D. Pada kesempatan tersebut, Agus menyinggung pentingnya bagi mahasiswa untuk dapat terus mengembangkan diri dan bergerak secara aktif untuk meraih prestasi setinggi mungkin, termasuk melalui PKM. “Penerima Bidik Misi merupakan mahasiswa-mahasiswa pilihan. Karena itu, mari manfaatkan semua fasilitas yang tersedia di UGM untuk terus berprestasi,” tegasnya.

Untuk mendukung hal ini, ia menambahkan, UGM telah menyiapkan program workshop terkait penulisan proposal PKM khusus untuk mahasiswa penerima Bidik Misi. Workshop ini akan berlangsung dalam lima gelombang dengan tiap gelombangnya dibatasi untuk 100 mahasiswa, dan rencananya program ini akan dilaksanakan pada tanggal 16 dan 30 April serta tanggal 14, 21 dan 28 Mei 2016. Program tersebut akan dipandu langsung oleh dosen pembina PKM UGM dengan difasilitasi oleh mahasiswa aktivis PKM Center UGM. “Program ini merupakan komitmen kami dalam proses pembinaan dan pemberdayaan mahasiswa penerima Bidik Misi di UGM,” jelas Agus. (Humas UGM/Gloria)