JAKARTA – Mencapai Millenium Development Goals, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) didampingi oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) menghimbau para pemuda untuk turut berperan dalam menjaga stabilitas politik demi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di negara Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Menristekdikti M. Nasir dalam paparannya di Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (DPN Gemasaba), Sabtu (04/02).

Dalam kesempatan tersebut, Nasir menyampaikan kepada seluruh mahasiswa yang terhimpun dalam Gemasaba agar bersifat kritis dengan cara yang baik dan benar, untuk mendukung perkembangan Pendidikan Tinggi dalam meningkatkan national competitiveness. “Saya yakin di antara adik-adik sekalian nantinya akan menjadi pemimpin masa depan, asalkan terus kerja keras, disiplin, dan jujur,” tegasnya.

Masih dalam suasana musyawarah yang kondusif, beberapa perwakilan mahasiswa bertanya mengenai beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi namun tidak mampu secara ekonomi, terutama yang berasal dari daerah-daerah yang masih kekurangan akses.

Menjawab pertanyaan tersebut, Dirjen Belmawa Intan Ahmad menjelaskan bahwa Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Jenderal Belmawa memiliki program beasiswa yang dapat membantu mahasiswa-mahasiswa berprestasi dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi yang baik, yaitu melalui beasiswa Bidikmisi, beasiswa PPA, dan program beasiswa untuk daerah 3T.

“Adik-adik harus selalu mengembangkan kreatifitas. Jika memang beasiswa yang bersumber dari pemerintah jumlahnya dirasa terbatas dan adik-adik belum dapat menjangkau kesempatan tersebut, masih banyak sumber beasiswa lain dari kampus atau pihak swasta, asalkan adik-adik mau secara proaktif mencari tahu. Seluruh pemuda seharusnya bisa melanjutkan pendidikan tinggi, dan banyak jalan untuk menuju ke sana,” lanjut Intan.

Menutup pertemuan tersebut, Menteri Nasir berpesan kepada seluruh mahasiswa Gemasaba agar menjadi mahasiswa yang berkualitas dan bisa menggerakkan bangsa serta membela kebenaran.

Galeri