Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia atau World Environment Day (WED) yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) tahun ini diadakan di Kabupaten Siak, Riau (22/07). Acara yang bertemakan “Go Wild for Life” ini diisi oleh banyak rangkaian acara penting, salah satunya adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan kerjasama lintas kementerian.

MoU ini melibatkan lima kementerian, yakni KemenLHK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Isi MoU tentang pengembangan pendidikan lingkungan hidup. Penandatanganan MoU disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dan dilakukan di halaman Istana Siak.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebutkan peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2016 menjadi ruang untuk evaluasi termasuk bagi daerah-daerah di seluruh Indonesia.

“Semoga di Hari Lingkungan Hidup (HLH) ini dapat menyadarkan masyarakat untuk terus menjaga lingkungannya dengan baik,” ujar JK pada sambutannya.

Selain kegiatan tersebut juga dilangsungkan peletakan batu pertama pembangunan tugu peringatan penyerahan Kesultanan Siak kepada Pemerintah Republik Indonesia dan penaburan benih ikan patin berjumlah 100.000 ekor yang disebarkan di sungai Siak.

Semoga dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan pelestarian sumber daya alam dan kemakmuran di Indonesia. (flh/ard)