Kemah Lomba Pramuka Penegak (KELOPAK) tahun 2016 Se Sulawesi telah selesai. kegiatan ini merupakan ajang dua tahunan Racana Rangging Dg Romo dan Opu Dg Risaju Gugus Depan 08.095 – 08.096 Universitas Negeri Makassar. Kegiatan berlangsung dari tanggal 5-10 November 2016 dan diikuti peserta sebanyak 879 orang dengan peserta peserta putra 394, peserta putri 383 dan didampingi oleh pembina pendamping 102 orang serta pengunjung yang setiap harinya 200 orang.

“Proses tidak akan menghianati hasil. Kata ampuh untuk yang bekerja keras dan menuai keberhasilan. Kemah Lomba Pramuka Penegak Se-Sulawesi (KELOPAK) Tahun 2016 Kostrad Kariango, Maros resmi di tutup 10 November, oleh Wakil Rektor III Universitas Negeri Makassar.

Drs. Arifuddin, M.Kes selaku Wakil Rektor III mengatakan jadilah jarum yang selalu menyambung dan janganlah seperti gunting yang selalu berpisah, inilah filosofi yang membuat setiap anggota pramuka walaupun berlomba namun tetap mengedepankan kebersamaan.

Kemah Lomba Pramuka Penegak Se-Sulawesi (KELOPAK) Tahun 2016 melahirkan tiga juara umum yakni juara umum 1 dari SMA Negeri 1 Pangkajene Pangkep, juara umum 2 dari SMA Negeri 11 Makassar dan juara umum 3 dari MA Mannilingi Bulo bulo Jeneponto.

“Kami sangat mngapresisasi lomba di KELOPAK SE-SULAWESI 2016 yang diadakan Pramuka UNM karena dapat menyalurkan bakat anak-anak kami, besar harapan saya semoga team kami dapat menjadi lebih baik lagi dan mempertahankan juara Kelopak Se-Sulawesi yang yang akan datang,”ujar Faisal Tanjung, S.Sos selaku pembina pendamping Juara I umum SMA Negeri I Pangkajene Pangkep.

Ketua Dewan Racana Ranggong Dg. Romo, Wiridyan Fadhel juga salah satu mahasiswa teknik di Universitas Negeri Makassar menambahkan sampai saat ini Kemah Lomba Pramuka Penegak tahun 2016 adalah yang kedelapan. semoga menjadi ajang lomba yang dapat mempererat silaturahim anatar gerakan pramuka walaupun dalam situasi lomba. (humas/unm)