Virtual Campus Universitas Tanjungpura

Universitas Tanjungpura (Untan) yang sudah berkiprah sejak tahun 1959 terus mengembangkan inovasi-inovasi IT di bidang pengajaran. Saat ini Untan sedang mengembangkan virtual campus sebagai framework digitalisasi kampus Untan secara tiga dimensi. Framework virtual campus ini sedang dikembangkan aplikasinya untuk penggunaan pembelajaran virtual seperti yang dikembangkan oleh Virbela Open Campus. Pengembangan virtual campus dilakukan oleh UPT. Teknologi informasi dan Komunikasi Untan bekerja sama dengan Program Studi Informatika Untan.

Framework kampus Untan tiga dimensi yang dibangun persis menyerupai bangunan-bangunan dan infrastruktur yang ada di lokasi Untan ini sudah diimplementasikan bagi calon mahasiswa yang ingin mengenal lebih dekat kampus Untan, juga untuk mengobati kerinduan para mahasiswa yang sudah lama tidak “ngampus” karena pandemic Covid-19, mereka dapat mengunjungi kampus mereka dengan fitur virtual campus touring.

Framework ini juga telah diimplementasikan untuk memudahkan para calon peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) mencari ruangan mereka. Calon peserta dapat melakukan touring secara bebas di kampus Untan secara virtual, dimana lokasinya dibuat persis sama dengan keadaan kampus Untan dan dilengkapi dengan petunjuk arah menuju lokasi ujian. Karena kampus Untan cukup luas, dalam aplikasi ini avatar peserta dapat menggunakan mobil yang dapat digunakan sendiri atau menjadi penumpang, seperti pada permainan GTA (Grand Theft Auto) atau PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds). Selain itu para peserta dapat berkomunikasi dan berinteraksi pada aplikasi virtual reality ini.

Baca Juga :  Kandidat Doktor FEB UI Teliti Ketimpangan Energi Lewat Metode Regresi Kuantil
Virtual Touring – UTBK

Virtual campus Untan juga dilengkap dengan aplikasi E-Sport yang bertema “Untan Race”. Game multiplayer balap mobil dengan latar belakang lokasi kampus Untan. Event perdana menggunakan Untan Race akan dilakukan pada awal Juni 2021, yaitu kompetisi E-Sport antar mahasiswa dan antar dosen/tendik yang mewakili fakultas memperebutkan piala Rektor Untan, Prof. Garuda Wiko.

Untan Race

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
100 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x