Tingkatkan kemampuan dosen-dosen menulis artikel ilmiah, DRTPM Ditjen Diktiristek gelar pelatihan penulisan artikel ilmiah di Sorong, Papua Barat

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM), bekerjasama dengan Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Sorong melaksanakan kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional, di Kyriad M Hotel Sorong, Kamis (07/09/22).

Hadir dalam pembukaan kegiatan ini, Rektor Universitas Muhammadiyah Sorong (UNAMIN) Dr. H. Muhammad Ali, MM., MH., Koordinator Jurnal dan Publikasi Ilmiah DRTPM Ditjen Diktiristek Kemdikbudristek Yoga Dwi Arianda, ST, serta narasumber-narasumber yang berkompeten dalam bidang publikasi ilmiah dan berpengalaman menulis artikel ilmiah, serta para peserta yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di Kota Sorong.

Dr. H. Muhammad Ali, MM., MH. Rektor UNAMIN dalam sambutannya berharap dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan ini dapat meningkatkan kualitas dosen yang ada di kota sorong, sehingga nantinya dapat memajukan perguruan tinggi di kota sorong.

Baca Juga :  Pengumuman PKKM Afirmasi tahun 2021

Rektor UNAMIN juga berterima kasih kepada Kemendikbudristek melalui DRTPM yang telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional dan bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Sorong sebagai fasilitator dalam penyelenggaraan kegiatan ini.

Sementara itu, Yoga Dwi Arianda dalam sambutannya menyampaikan “kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat membangun dan membangkitkan budaya untuk melakukan publikasi, budaya melakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat”.

“Tentu tujuannya adalah untuk mengembangkan kapasitas Bapak/Ibu peserta pelatihan, dan juga meningkatkan kapasitas Bapak/Ibu dalam hal melakukan penelitian dan publikasi serta tentu saja nantinya akan meningkatkan citra Perguruan Tinggi Bapak/Ibu para peserta.” ujar Yoga.

Lebih lanjut Yoga menjelaskan bahwa, “untuk dapat memaksimalkan pelatihan ini Bapak/Ibu nantinya diberikan materi-materi serta dapat melakukan diskusi bersama para narasumber yang telah memiliki pengalaman dalam hal ini publikasi internasional.”

Baca Juga :  Beri Kuliah Umum, Plt. Dirjen Diktiristek Ungkap Pentingnya Kolaborasi Perguruan Tinggi dengan Industri

Adapun materi yang diberikan pada kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 07 s.d. 09 September 2022 ini antara lain, (1) Etika Penulisan Artikel Ilmiah, (2) Evaluasi Diri Naskah dan Menakar Kebaruan Hasil, (3) Memahami Gaya Selingkung dan Petunjuk pada Jurnal yang Dipilih, (4) Judul, Baris Kepemilikan, Abstrak dan Kata Kunci, (5) Pendahuluan, Pendekatan dan Metode, (6) Hasil, Pembahasan dan Simpulan, (7) Ilustrasi (Tabel dan Grafik), (8) Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penulisan Artikel Ilmiah dan Strategi Pemilihan Berkala, (9) Keabsahan Artikel Ilmiah, dan (10) Pendampingan Khusus oleh Narasumber. [YDA]

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
433 Views