UI Umumkan Pemenang Kontes Mobil Hemat Energi 2020

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim, menutup secara resmi ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020 yang diselenggarakan secara daring oleh Universitas Indonesia (UI). Penutupan tersebut dibarengi dengan pengumuman para pemenang KMHE 2020, yang disampaikan pada Senin (30/11). Pada puncak acara KMHE 2020, turut hadir Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A, Ph.D, Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Asep Sukmayadi, Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc, Dekan FTUI Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng, dan Ketua Pelaksana KMHE 2020 Muhamad Asvial, Ph.D.

UI menjadi tuan rumah pelaksanaan KMHE 2020, yang bertema “Energi Untuk Negeri”. Total finalis yang berkompetisi pada ajang KMHE 2020 adalah sebanyak 36 tim dari 27 universitas/ institut/ politeknik. Sebelum terseleksi ke dalam babak final, tercatat jumlah pendaftar mencapai 110 tim dari 74 universitas/institut/politeknik.

Menteri Nadiem mengapresiasi UI sebagai tuan rumah yang bertugas dengan baik dalam menyelenggarakan ajang KMHE 2020. “Saya bangga atas prestasi para peserta yang telah menciptakan inovasi dalam rangka penghematan energi. Masa pandemi yang penuh tantangan ini harus menjadi laboratorium inovasi. Sudah saatnya kita menciptakan terobosan dan inovasi guna mendukung Indonesia melakukan lompatan kemajuan yang signifikan. Asal kita mau banyak coba, banyak tanya, dan banyak karya, kita pasti jadi mampu menghasilkan suatu yang luar biasa. Inovasi bukan semata hasil saja, melainkan juga proses, yang dimulai dari gagasan sekecil apapun. Besar harapan saya generasi muda tak berhenti untuk berinovasi. Bagi para finalis KMHE 2020 untuk tidak mudah berpuas diri, tetaplah semangat berkarya dan berkontribusi bagi negeri,” kata Nadiem.

Baca Juga :  IPB University Kembali Lakukan Vaksinasi COVID-19 bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan

Rektor UI, Prof. Ari menuturkan, “Kontes ini merupakan pondasi dasar bagi para mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi. Bagi para pemenang, jangan sampai berpuas diri akan capaian ini, melainkan jadikan ini sebagai pijakan untuk semakin berkarya yang kreatif dan inovatif untuk memberikan manfaat bagi nusa dan bangsa. Semangat energi untuk negeri, mari kita sama-sama dukung kegiatan untuk memberikan alternatif solusi bagi masalah energi nasional dalam pengembangan kendaraan masa depan yang hemat energy dan ramah lingkungan.”

KMHE 2020 dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori Prototype dan Urban concept. Kategori Prototype merupakan kendaraan masa depan dengan desain khusus yang memaksimalkan efisiensi, sedangkan Urban concept merupakan kendaraan roda empat yang penampilannya mirip mobil dan cocok dikendarai di jalanan. Para pemenang KMHE 2020 terbagi ke dalam sejumlah kriteria, yaitu sebagai berikut: Kriteria Perancangan Aerodinamika Body; Kriteria Perancangan Body dan Sasis; Kriteria Sistem Kemudi dan Pengereman; Kriteria Internal Combustion Engine dan Transmisi; Kriteria Motor Listrik dan Sistem Kontrol; Kriteria Rancangan Proses dan Manajemen Produksi; Kriteria Overall; Kriteria Model Desain Kendaraan; dan Kriteria Poster.

Baca Juga :  Universitas Indonesia (UI) Jalin Kerja Sama dengan Mustika Ratu (MRAT)
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
395 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x