Tak Terkalahkan, ITS Pertahankan Juara Umum KRI Kali Kelima

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengangkat piala Sambhawana Pratimacala yang merupakan piala bergilir KRI untuk Divisi KRAI didampingi oleh Plt. Kepala Pusprenas Asep Sukmayadi SIP Msi
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengangkat piala Sambhawana Pratimacala yang merupakan piala bergilir KRI untuk Divisi KRAI didampingi oleh Plt. Kepala Pusprenas Asep Sukmayadi SIP Msi

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus menunjukkan ketangguhan di dunia robotika dengan kembali menyabet gelar Juara Umum di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022. Diumumkan langsung di Gedung Pusat Robotika ITS, Minggu (3/7) malam, tim robotika ITS berhasil memboyong kejuaraan di lima kategori pada KRI 2022.

Pada kontes robot berskala nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini, tim robotika ITS berhasil unggul di lima divisi perlombaan, empat di antaranya menyabet Juara 1. Sehingga ITS kembali berhak menyandang gelar sebagai Juara Umum KRI. “Selamat kepada seluruh peserta dan perlu diingat bahwa prestasi ialah ketika kita bisa menjadi seseorang yg bermanfaat, jadi teruslah berinovasi untuk kemajuan bangsa,” ujar Plt. Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi SIP Msi.

Rangkaian final KRI 2022 diawali oleh divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia-Beroda (KRSBI-B), di mana tim ITS diwakili oleh IRIS. Tak tanggung-tanggung, tim IRIS berhasil menyingkirkan 21 tim dari universitas lain dan keluar sebagai Juara 1 nasional. Tak hanya itu, IRIS juga dianugerahi sebagai tim dengan Strategi Terbaik.

Baca Juga :  Dosen dan Mahasiswa FTUI Mengajar ke Rumah Warga di Karanggayam, Kebumen

Cabang KRI 2022 yang dilombakan kedua ialah divisi Kontes SAR Indonesia (KRSRI) dengan tim ABINARA-1 sebagai tim yang beradu di ajang KRI 2022. Tim ABINARA-1 berhasil menyabet gelar Juara 3 dengan total tim nasional sebanyak 24 tim.

Tim RIDER ITS saat beradu dengan Institut Teknologi Bandung di babak final divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) pada KRI 2022
Tim RIDER ITS saat beradu dengan Institut Teknologi Bandung di babak final divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) pada KRI 2022

Dilanjutkan oleh Kontes Robot Sepak Bola Indonesia-Humanoid (KRSBI-H), tim ICHIRO sebagai perwakilan ITS pun memboyong dua penghargaan pada cabang kompetisi ini. ICHIRO berhak menempati podium Juara 1 dan keluar sebagai tim dengan Strategi Terbaik.

Terus mencetak prestasi, ITS juga berhasil mengungguli 23 tim robot dari seluruh universitas di Indonesia pada divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Tim RIVAL yang membawa nama ITS dalam ajang kompetisi ini berhasil merebut posisi Juara 1 dan menjadi tim robot dengan Desain Terbaik pada cabang perlombaan ini.

Terus digaungkan pada ajang penutupan KRI 2022, ITS kembali menyabet predikat di divisi bergengsi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI). RIDER sebagai tim besutan ITS, berhasil menyisihkan 23 tim lain dan menempati posisi Juara 1 diikuti dengan predikat tim dengan Strategi Terbaik di cabangnya.

Baca Juga :  Pakar IPB University Ungkapkan Penerapan Sekolah Peternakan Rakyat Untuk Atasi Oversupply Perunggasan

Ketua Pelaksana KRI 2022 Dr I Ketut Eddy Purnama ST MT turut memberi sambutannya dan memberikan ucapan selamat kepada seluruh tim yang menjadi peserta KRI 2022. Dekan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS tersebut juga mengungkapkan rasa senangnya karena acara ini merupakan acara KRI pertama yang digelar secara luring setelah dua tahun melewati masa pandemi. “Sebagai tuan rumah, kami mengucapkan terima kasih dan mohon maaf bila terdapat kekurangan selama penyelenggaraan,” tuturnya tulus.

Seluruh tim robotika ITS yang telah berlaga dan menjadi jawara bersama jajaran pimpinan ITS di panggung upacara penutupan KRI 2022 di Gedung Pusat Robotika ITS
Seluruh tim robotika ITS yang telah berlaga dan menjadi jawara bersama jajaran pimpinan ITS di panggung upacara penutupan KRI 2022 di Gedung Pusat Robotika ITS

Terakhir, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng pun memberikan ucapan selamat kepada seluruh pemenang dan mengucapkan rasa senangnya sebagai tuan rumah KRI 2022. “Saya turut bangga kepada seluruh peserta KRI 2022 dan harapannya seluruh mahasiswa Indonesia mampu terus berinovasi menghasilkan karya terbaiknya,” tandasnya memotivasi.

Seperti diketahui, ada 121 tim dari 54 perguruan tinggi di Indonesia yang turut berpartisipasi dalam KRI 2022 tingkat nasional ini. Para peserta ini merupakan jawara dari hasil seleksi tingkat Wilayah I dan II yang telah diadakan sebelumnya. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
276 Views