Sekolah Vokasi IPB University Panen Perdana Ayam Closed House

Sekolah Vokasi IPB University bersama PT Charoen Pokphand Indonesia melakukan panen perdana ayam closed house, di Kampus IPB Sukabumi, 10/4.

“Hari ini kita panen sebanyak 10.000 ekor. Usia ayamnya 32 hari dengan bobot kisaran 2 kilogram. Target kita bisa sampai tujuh kali periode panen dalam setahun,” kata Hendri Wijaya, STP MSi, Wakil Manager Kampus IPB Sukabumi.

Closed house merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki Sekolah Vokasi IPB University Kampus Sukabumi. Sebuah kandang modern dengan sistem tertutup yang disematkan teknologi di dalamnya. Kandang modern ini bisa menampung hingga 50.000 ekor ayam.

Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Dr Arief Daryanto mengatakan, dibandingkan dengan sistem terbuka atau open house, teknologi closed house dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas ternak.

Baca Juga :  Sandiaga Uno di Webinar DRRC UI: 4A+C1 Kriteria Pengembangan Desa Wisata

“Closed house ini sangat efisien. Jika di kandang terbuka Feed Convertion Ratio-nya bisa sampai 1,6 sampai 1,8, di closed house hanya sekitar 1,3 sampai 1,4. Untuk Indeks produksi (IP) ternaknya juga  mencapai 400,” terangnya.

Sementara, Jemmy Wijaya, Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia mengucapkan terima kasih telah diberikan kesempatan untuk bisa berdampingan dengan dunia pendidikan. Ia menegaskan pentingnya industri dan institusi pendidikan berjalan bersama menciptakan tenaga kerja yang mumpuni.

“Mudah-mudahan apa yang sudah kita laksanakan bersama ini bisa terus seperti kokohnya kandang modern ini. Kandang ini diperkirakan bisa bertahan lebih dari 20 tahun. Semoga sepanjang itu juga kita bisa memberi manfaat yang lebih banyak,” ujarnya.

Baca Juga :  Perkuat Sinergi, Universitas PGRI Palembang dan Kemenag Sumsel Jalin Kerja Sama

Kerjasama IPB University dengan PT Charoen Pokphand Indonesia memang sudah terjalin lama. Sejak 2006, Charoen Pokphand telah membangun kandang modern di Kampus IPB Dramaga.

Wakil Rektor bidang Sumberdaya, Perencanaan dan Keuangan, Prof Agus Purwito menyebut, kerjasama antara IPB University dengan PT Charoen Pokphand Indonesia diharapkan dapat saling mendukung.

“Mudahan-mudahan ini bisa terus berkembang. Semoga kerjasama ini dapat saling membesarkan satu sama lain dan bisa maju bersama-sama,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga hadir Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Dr Drajat Martianto, Sekretaris Institut, Dr Aceng Hidayat, Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia, Ferdiansyah G Tjoe, serta para Dekan Fakultas/Sekolah di lingkungan IPB University. (Rz)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
501 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x