Peluncuran Rekacipta Video Pembelajaran Fundamental Seni Multimedia untuk Calon Entrepreneur

Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta bekerja sama dengan Fileacademy.id melalui program Kedaireka Ditjen Dikti Kemendikbudristek meluncurkan rekacipta video pembelajaran fundamental seni multimedia untuk para calon entrepreneur pada hari Selasa, 29 November 2022.  Acara peluncuran tersebut diadakan di Hotel Gaia Cosmo Yogyakarta dengan diresmikan oleh Rektor ISI Yogyakarta yang pada kesempatan tersebut diwakilkan kepada Wakil Rektor I, Dr. Stepanus Hanggar Budi Prasetya, S.Sn., M.Si.  Beberapa calon entrepreneur pun turut hadir dalam acara tersebut secara luring dan saling bersinergi dengan hadirin lain yang terdiri dari tim pengusul insan Perguruan Tinggi, mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), dan beberapa institusi pendidikan di seputar Daerah Istimewa Yogyakarta.  Dalam ruang zoom pun hampir ratusan peserta turut memeriahkan acara peluncuran rekacipta yang terdiri dari berbagai calon entrepreneur hingga akademisi dari seluruh penjuru tanah air.

Ranah multimedia sebagai seni terapan semakin berkembang dari sisi teknologi dan distribusinya, sehingga bidang multimedia menjadi pilihan  profesi, baik berupa produk jasa pembuatan materi multimedia dalam berbagai aspek. Berdasarkan perkembangan tersebut, maka Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang dapat memenuhi pasar kerja di bidang multimedia.  Demi mencapai pendidikan yang efektif, platform pendidikan inovatif sangatlah diperlukan pada saat ini. Sistem pendidikan tinggi yang bersifat cenderung formal dan dilakukan dengan sejumlah norma yang sangat mengikat dengan durasi yang tidak singkat seringkali dianggap suatu kendala dalam mengejar target lulusan yang sesuai kebutuhan pasar kerja.  Di sisi lain, industri pendidikan nonformal di bidang multimedia terlihat beberapa langkah jauh lebih maju dalam menyediakan sumber daya manusia yang siap kerja.  Dalam persimpangannya, kemudian tampak bagaimana materi pembelajaran yang terbuka di pasar bisa sungguh-sungguh menyediakan materi yang komprehensif namun ternyata diperlukan materi-materi yang fundamental dan akademis dari kalangan perguruan tinggi untuk memperkuat dasar pengetahuan peserta didik dari lembaga pendidikan nonformal tersebut. Sedangkan dari sisi perguruan tinggi, kemasan materi dan sistem distribusi dirasa menjadi kendala utama.

Baca Juga :  Pakar Ekonomi Syariah IPB University Beri Penjelasan Uang Krypto

Program Kedaireka yang dihadirkan oleh Ditjen Dikti Kemendikbudristek menawarkan solusi yang tepat guna dalam menjadlin link and match antara perguruan tinggi dan industri dalam hal materi pendidikan yang dapat dinikmati oleh kalangan pembelajar formal dan mandiri.  Produk dari rekacipta ini juga akan menjawab urgensi akan adanya percepatan transfer  pengetahuan yang bermutu dan sesuai dengan kebutuhan pasar serta mudah diakses. 

Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta melalui Ketua Program, Dr. Irwandi, M.Sn., yang juga merupakan Dekan FSMR ISI Yogyakarta, bersama dengan anggota dosen Antonius Janu Haryono, M.Sn. beserta enam mahasiswa dari FSMR ISI Yogyakarta berkolaborasi dengan Muhammad Azmi sebagai mitra DUDI dengan perusahaannya yang bernama PT. File Studio dengan brand Fileacademy.id.  Kolaborasi ini dijalin dalam rangka menjalankan program Kedaireka pembuatan video pembelajaran yang melibatkan para insan berkompeten dari kedua belah pihak, insan perguruan tinggi dan industri. Dr. Irwandi, M.Sn.menyampaikan bahwa produk-produk rekacipta tersebut akan dilindungi hak ciptanya, sehingga pihak industri, insan perguruan tinggi, dan pengajarnya akan mendapatkan hak cipta atas video pembelajaran yang ditawarkan ke masyarakat. FSMR ISI Yogyakarta yang menaungi program studi FotografiFilm dan Televisi, dan Animasi bersama dengan Fileacademy.id telah dan akan terus mengembangkan platform pembelajaran online yang inovatif dan sesuai kebutuhan industri serta tentu tepat sasaran dan mendalam dari sisi substansi.  “Manfaat lain dari program ini adalah berupa hak cipta dan hak komersial bagi kedua belah pihak.  Dengan kata lain, produk video yang dihasilkan akan tampil dengan pendekatan popular namun didasari pondasi akademis yang kuat,” demikian ditegaskan oleh Ketua Pengusul, Dr. Irwandi., M.Sn.

Baca Juga :  Program Studi Tata Kelola Seni ISI Yogyakarta Jalin Kerjasama dengan AMA INDONESIA Cabang Yogyakarta

Peluncuran Rekacipta “Edtech Fundamental Seni Multimedia” pada hari Selasa (29/11/2022) juga disertai dengan acara pendamping yaitu diskusi dan dialog dengan alumni Fileacademy.id bersamaan dengan penyerahan Photopreneur Outlook 2023 yang merupakan agenda rutin tahunan Fileacademy.id.  Semua produk rekacipta hasil kolaborasi ini akan dipasarkan melalui platform fileacademy.id sebagai bentuk hilirisasi hasil penelitian insan perguruan tinggi bersama dengan dunia industri.

Suasana peluncuran rekacipta hasil kolaborasi FSMR ISI Yogyakarta dengan fileacademy. id yang diadakan di Gaia Cosmo Yogyakarta pada Selasa (29/11/2022)
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
414 Views