Mahasiswa IPB University Tingkatkan Branding UMKM Lewat IPB Goes to Field

Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki pengaruh besar dalam pembangunan ekonomi. Hal ini mendorong IPB University untuk menyelenggarakan IPB Goes to Field 2021, (26/12). Yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa IPB University untuk membranding UMKM. 

Dr Ernan Rustiadi, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University menyampaikan, “Kita selalu berpikir mengapa tidak mengutamakan produk kita sendiri, termasuk dari masyarakat lingkar kampus. Kami LPPM dan IPB University berkepentingan untuk menjaga mutu produk, ini menjadi salah satu kompetensi kami. Kami berharap kebermanfaatan IPB University dapat dirasakan, terutama oleh desa-desa lingkar kampus,” ungkapnya.

Menurutnya, terdapat 30 UMKM yang diprogramkan dalam pengembangan oleh LPPM IPB University.  
Program ini mendapatkan tanggapan positif dari UMKM. Mulyana, perwakilan dari salah satu UMKM yang masuk dalam program ini mengatakan bahwa ia merasakan banyak manfaat dari program ini. 

Baca Juga :  Terus Lakukan Hilirisasi, ITS Teken MoU dengan PELNI

“Saya hendak mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada LPPM IPB University dan mahasiswa. Besar sekali manfaat yang kami rasakan dari adanya kegiatan ini, karena permasalahan kami sebagai petani adalah dari pemasaran. Dengan adanya kegiatan IGTF ini, alhamdulillah banyak sekali perubahan yang rasakan. Kami berharap produk-produk kami dapat dipasarkan dengan lebih luas lagi,” ungkapnya.

Menurutnya, mahasiswa IPB University membantu masyarakat untuk menjual produk UMKM-nya di marketplace. 
“Mudah-mudahan kegiatan ini tidak berhenti hingga di sini namun berkelanjutan, terutama dalam membantu perizinan. Satu hal yang menjadi harapan kami, produk kami juga dapat semakin dikenal oleh mahasiswa IPB University dan semakin tersebar,” harapnya.

Mochamad Nur Asyik, perwakilan alumni IPB University dalam pemaparannya menerangkan, “IPB Goes to Field ini seperti Kuliah Kerja Nyata. Nanti dari produk-produk ini, mana saja yang bisa kita pajang di cafe. Networking yang sekarang kita bangun dengan saling mengenal dan dari semua ini kita juga bisa sama-sama saling membantu,”. (SMH/Zul)

Baca Juga :  Akademisi UI Ciptakan “Katamataku Easy Brush” Bagi Orang yang Pernah Menderita Kusta
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
551 Views