Mahasisiwa PMM 3 ISI Padangpanjang Jalani Kuliah Umum Bersama Mantan Wapres Jusuf Kalla

Padangpanjang, 4 November 2023. Mantan Wakil Presiden (wapres), Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla sekaligus tokoh inspiratif nasional memberikan kuliah umum kepada seluruh mahasisiwa Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang dan juga mahasisiwa Petukaran Mahasisiwa Merdeka (PMM) 3 inbound ISI Padangpanjang. Mantan Wapres Jusuf Kalla memberikan kuliah umum dengan tema “ Elaborasi Visi ISI Padangpanjang Dalam Menghasilkan Ilmuwan Dan Enterpreneur Berbasis Seni Budaya” di Gedung Hoerijah Adam, Sabtu (4/11)

Adapun mahasiswa PMM 3 ISI Padangpanjang berjumlah 38 orang yang mengikuti kegiatan ini yang mana telah menjadi bagian dari modul nusantara dengan sub modul inspiratif. Dalam sub modul inspiratif terdapat kegiatan melakukan talkshow dengan tokoh inspiratif mengenai Seni dan Budaya. Salah satu tokoh inspiratif nasional yang terkenal sebagai sosok yang menggabungkan seni, ilmu dan kewirausahaan dalam karirnya adalah Jusuf Kalla. Kuliah umum ini merupakan sebuah langkah penting bagi mahasisiwa dalam berbagai bidang baik kesenian, ilmu, kewirausahaan untuk mencapai visi dan misi ISI Padangpanjang.

Baca Juga :  Mahasiswa IPB University Tingkatkan Branding UMKM Lewat IPB Goes to Field

Acara kuliah umum dimulai pada pukul 12:30 WIB. Adapun serangkaian kegiatan kuliah umum diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sambutan dari rektor ISI Padangpanjang, Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum . Selanjutnya pemberian materi,diskusi, pembukaaan serangkaian kegiatan Dies Natalis ISI Padangpanjang yang ke-58, penyerahan cinderamata dan dokumentasi. Kuliah umum mempunyai tujuan menjadi wadah bagi mahasisiwa ISI Padangpanjang dan masyarakat umum untuk memahami peran seni budaya dalam menciptakan ilmuwan dan enterpreneur sukses.

Dalam pemaparan materi Jusuf Kalla membagikan pengelaman pribadinya tentang bagaimana seni budaya bisa menjadi dasar yang kuat untuk membangun ilmuwan dan enterpreneur sukses. Jusuf Kalla mengatakan kepada ratusan mahasisiwa yang hadir memenuhi gedung pertunjukan tersebut untuk mempunyai seni yang memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan tujuan agar disamping menciptakan seni, juga menciptakan enterpreneur seni yang lahir dari kampus ISI Padangpanjang sebagai kampus seni satu-satunya di Sumatera Barat.

Baca Juga :  UNTAD RAIH JUARA 3 KDMI 2020

“semua posisi harus memiliki seni. Seperti saya menjadi wapres dulu juga butuh seni. Saya bertemu dengan istri saya juga karena seni. Dahulu beliau adalah seorang penari hebat dan saya kagum dengan beliau. Ia mencintai seni dan saya mencintainya yang cinta seni. Tanpa seni kehidupan akan hambar” paparnya. Menurutnya, yang mempersatukan keberagaman bangsa Indonesia adalah seni.

Pada sesi diskusi terdapat momen salah seorang mahasisiwa PMM 3 ISI Padangpanjang yang memberikan cinderamata berupa lukisan hasil Artificial Intelligence (AI) Jusuf Kalla.

Kegiatan yang sangat bermanfaat ini bukan saja menjadi wadah untuk mendengarkan kisah inspiratif namun juga sebagai motivasi untuk melakukan tindakan nyata. Mahasisiwa kuliah umum diajak untuk memikirkan bagaimana cara mereka untuk bisa menggabungkan seni, ilmu pengetahuan dan wirausaha dalam upaya untuk mencapai keberhasilan diri mereka dan menerapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
118 Views