Inovasi Pengolahan Limbah Laundry, Antarkan Tim Undiksha Raih Medali Emas Internasional

Singaraja- Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali meraih prestasi dalam ajang World Invention Competition and Exhibition yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientists Association (IYSA) yang berkolaborasi dengan Segi College Subang Jaya Malaysia. Pada ajang yang dilaksanakan sejak 20 Agustus 2021 hingga malam penganugrahan pada 30 September 2021, tim Undiksha yang terdiri atas Gede Gery Apriliana Putra dari prodi Kimia, I Putu Raka Nata dari prodi Pendidikan Fisika, Kadek Sri Andriani dari prodi Kimia, Ni Putu Ayu Niya Loviyani dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Ronia Apriani dari prodi Kimia, Wahyu Ariawan dari prodi Kimia, dan I Putu Pandu Setiawan dari Prodi Kimia meraih  medali emas pada kategori Environment.

Penghargaan tersebut didapatkan melalui karya yang berjudul “Ganesha Smart Pure”. Ketua tim, Kadek Sri Andini menjelaskan karya inovatif tersebut mengedepankan konsep pengolahan limbah pada bisnis laundry sehingga air limbah bisa diubah menjadi air yang bisa digunakan kembali dengan kapasitas 80% dari kapasitas sebelumnya. Produk ini mengoptimalkan teori kimia, biologi, serta fisika sehingga menghasilkan air yang lebih jernih. “Keunggulan yang dimiliki inovasi ini yakni mampu menghemat air laundry hingga 80%, mudah digunakan, dan ramah lingkungan,” ungkapnya ditemui, Minggu (2/10/2021).

Baca Juga :  ITS Serahkan Mesin Cetak Braille yang ke-10 ke SLBN 1 Palangka Raya

Ia menuturkan, kompetisi ini diikuti oleh 369 tim dari 29 negara dunia. Tim Undiksha membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan untuk melakukan persiapan yang meliputi penyiapan produk, pembuatan artikel ilmiah, video produk, dan materi presentasi. “Melalui segala proses tersebut, kami sangat bersyukur bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kompetisi ini,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Undiksha yang telah memberikan dukungan dalam mengikuti kompetisi. Demikian juga kepada dosen pembimbing, Dr. I Nyoman Tika, M.Si. “Prestasi ini membuat kami semakin termotivasi untuk terus berkaya, mengikuti event-event serupa untuk mengharumkan nama undiksha di kancah nasional maupun internasional,” pungkasnya. (hms)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
96 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x