Inovasi “Lemon Cui” Faperta UNISAN, berhasil meraih dana hibah PKM GFK 2021

Khasiat Lemon Cui membawa Faperta UNISAN meraih Hibah PKM 2021
Fakultas Pertanian Universitas Ichsan Gorontalo (Unisan) berhasil meraih dana hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Dana hibah PKM ini diperoleh melalui hasil seleksi dengan sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di tingkat nasional, tentunya ini merupakan program kebijakan pemerintah yakni Kemdikbudristek.

Faperta Unisan berhasil memperoleh dana hibah PKM Penelitian dengan judul “Karakteristik Kimia dan Organoleptik Infused Water Berbahan Lemon Cui (Citrus microcrapa) Sebagai Minuman Peningkat Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid 19”
PKM Penelitian (PKMP) ini dilakukan bertujuan mengungkap potensi Lemon Cui dalam menjaga kesehatan dan imunitas sehingga kebugaran dan stamina dapat terjaga terutama dalam kondisi pandemi Covid 19.

“ Lemon cui (citrues Microcarpa Bunge) merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi dengan khasiat yang cukup ampuh dalam meningkatkan imun tubuh, sehingga yang mengkonsumsi dapat tetap bugar dalam menjalankan aktivitasnya sehari -hari,” ujar Yusran Paneo mahasiswa Faperta Unisan penerima hibah PKMP.
Dia menambahkan bahwa dalam hibah PKMP ini dia bersama dengan keempat rekannya melihat potensi yang dimiliki oleh lemon cui mengandung khasiat kesehatan akan tetapi kurang termanfaatkan sebagai minuman kesehatan sehingga mereka berinisiatif untuk mengolah dan menelitinya.
“ Saat ini kami telah mencoba membuat beberapa sampel minuman lemon cui untuk uji organoleptik namun masih perlu dilakukan uji kandungan guna mengetahui kadar senyawa apa saja yang ada secara rinci.

Baca Juga :  Dosen Universitas PGRI Palembang Sosialisasikan Aplikasi Edmodo di MTs Nurul Hidayah

Tentunya ini akan dilakukan pengujian, dan pengujian kandungan ini rencana akan kami lakukan di Universitas Gadjah Mada (UGM)” ungkapnya selepas penyerahan simbolis dana hibah PKM di Kantor LDIKTI Wilayah 16, Senin (21/6).

Kepala LDIKTI Wilayah 16, Prof Mahluddin H Baruwadi.MP, menyatakan bahwa PKM ini menjadi ajang motivasi bagi mahasiswa untuk meningkatkan kreativitas yang mereka miliki baik di bidang penelitian, penulisan, kewirausahaan dan pengabdian kepada masyarakat.
Ini prestasi yang membanggakan bagi kami dimana dua universitas di Wilayah LDIKTI 16 yakni Universitas Ichsan Gorontalo dan STIKES Nusantara Palu meraih dana hibah PKM Kemahasiswaan sehingga menjadi inspirasi bagi mahasiswa di 95 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lainnya untuk berkompetisi di ajang nasional” tuturnya, setelah ini juga kami akan melakukan penyerahan dana PKM GFK 2021 yang sdh diamanatkan utk segera dilaksanakan juga oleh STIKES Widya Nusantara Palu.

Baca Juga :  Unila Komitmen Optimalkan Permata Sari dan Permata Sakti BKS PTN Barat

Hal senada juga disampaikan oleh Novel Acub Umar, SE.M.Si Pengelola PKM LDIKTI Wilayah 16 bahwa ajang PKM bagi mahasiswa merupakan wadah untuk memotivasi mahasiswa dalam mendorong keilmuan yang dimiliki “ Hibah PKM ini menjadi pendorong bagi mahasiswa untuk berkarya dan mengaplikasikan ilmu yang mereka telah terima di ruang perkuliahan” pungkasnya selepas penandatangan penyerahan hibah PKM Mahasiswa.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
652 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x