Dosen Vokasi UI Beri Pendampingan Pajak bagi UMKM di Cirebon

Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) yang didukung oleh Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM UI) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) bertajuk “Literasi E-Taxaction Sebagai Bentuk Pendampingan Perpajakan Bagi UMKM”. Kegiatan ini ditujukan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Watubelah, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Para pelaku UMKM tersebut memiliki berbagai produk usaha, antara lain batik eco printing, makanan ringan, minuman ringan, pakaian, kerajinan tangan, dan sebagainya.

Tim Pengmas Vokasi UI terdiri atas para dosen dari program studi Administrasi Perpajakan Vokasi UI, yaitu Fitria Arianty (ketua tim), Titin.F.Nur, Elsie Sylviana Kasim, dan Hadining Kusumastuti, serta melibatkan dua orang mahasiswa aktif dari angkatan 2018, yakni Rizky Eka Uya dan Tifany Alfiana Anisa Putri. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual, pada Sabtu (31/10).

Dalam pelatihan, Tim Pengmas Vokasi UI melibatkan dua orang narasumber ahli di bidangnya, yakni Arie Widodo, SE, MSM yang memberikan pemaparan materi mengenai kewajiban perpajakan bagi wajib pajak UMKM dan insentif pajak bagi UMKM di masa COVID-19. Narasumber kedua adalah Thesa Adi Purwanto, S.Sos, M,TI yang memberi pemaparan tentang penggunaan teknologi informasi dan media sosial dalam memenuhi kewajiban perpajakan bagi wajib pajak UMKM.

Baca Juga :  Terapkan Implementasi Kampus Merdeka, UNIMED Sambut Mahasiswa PERMATA SARI 2021

Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan desa dan dinas UMKM Kab.Cirebon yakni Dr. Maharto, S.Sos., M.Si (Kepala Bidang UMKM Kabupaten Cirebon); Arum Sari (Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Sosial Kabupaten Cirebon); Harriman Nurbeka (Lurah Kelurahan Watubelah Kabupaten Cirebon); dan Maryanto Aji, SHI (Sekretaris Koperasi Pasundan Kabupaten Cirebon).

Menurut Fitria Arianty, Ketua Tim Pengmas, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Wajib Pajak UMKM Pembatik dalam memenuhi kewajiban perpajakan terutama dengan penggunaan media teknologi informasi dalam bentuk e-Taxaction. Selain itu, kata Fitria, Vokasi UI juga ingin membantu Wajib Pajak UMKM memecahkan solusi atas berbagai permasalahan perpajakan yang mereka hadapi dalam bentuk konsultasi secara gratis lewat aplikasi e-Taxaction.  

Baca Juga :  FMIPA UGM Beri Bantuan Bilik Antiseptik di Kantor Ditlantas Polda DIY

Pelaksanaan pengmas ini berangkat dari kenyataan permasalahan yang kerap dihadapi oleh pelaku UMKM yang berada di wilayah Kabupaten Cirebon. Menurut Maharto, Kepala Bidang UMKM Kabupaten Cirebon, pelaku UMKM kurang memiliki pengetahuan yang memadai akan kewajiban perpajakan yang harus dipenuhi. Selain itu, para pelaku UMKM di wilayah pedesaan memiliki keterbatasan dalam menggunakan media Teknologi Informasi untuk memenuhi berbagai kewajiban perpajakan.

“Melalui kegiatan pengmas ini, kami berharap dapat membantu para pelaku UMKM, khususnya di Kabupaten Cirebon dalam mengatasi permasalahan dan kendala berkenaan kewajiban perpajakan,” ujar Fitria.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
343 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x