Dosen Pulang Kampung IPB University Implementasikan Panel Surya Tanaman Hidroponik UMKM Yogyakarta

Dosen Sekolah Vokasi IPB University melakukan kegiatan Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) di Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta beberapa waktu lalu.  Kegiatan ini berupa implementasi panel surya di Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dewa Ponik dalam menunjang produksi tanaman hidroponik. 

Tim dosen yang terdiri dari Dr Doni Sahat Tua Manalu, Harries Marithasari, SS, MPd, Vivien Febri Astuti, SIKom, MIKom, Ayu Gupita Aindra Sari ini menyampaikan pemaparan kepada penggiat UMKM ini mengenai implementasi panel surya.  “Saat ini perkembangan teknologi semakin maju, salah satunya adalah pemanfaatan sinar matahari sumber energi terbesar di bumi untuk menghasilkan energi listrik, “ ujar Harries Marithasari selaku Ketua Tim.

Lebih lanjut Dr Doni Sahat Tua Manalu menguraikan mengenai penggunaan panel surya yang saat ini sudah diterapkan di beberapa tempat seperti perkantoran, rumah pribadi, penerangan jalan di tol, rambu-rambu lalu lintas, dan masih banyak lainnya. “Panel surya kami implementasikan di UMKM Dewa Ponik Yogyakarta sebagai sumber penghasil energi listrik sebagai penggerak pompa air pada instalasi hidroponik untuk mengairi air instalasi sayuran hidroponik. Pemasangan panel surya membutuhkan modal yang cukup besar. Panel surya sendiri memiliki keunggulan umur ekonomis yang lama dan tidak terpengaruh saat terjadi pemadaman listrik, sehingga dapat menjaga produksi sayuran hidroponik berjalan dengan lancar, “ jelasnya.

Baca Juga :  Tim Task Force Pencegahan Covid-19 Uniku Produksi HandSanitizer dan Disinfektan

“Kami berharap kegiatan pengabdian masyarakat seperti yang dilakukan oleh tim dosen dari IPB University ini dapat berlanjut dan banyak memberikan inspirasi dan manfaat bagi masyarakat di RW 13 Rejowinangun” ujar Maryadi selaku Ketua Rukun Warga (RW) 13 Rejowinangun.

Dalija selaku Ketua Rukun Tetangga (RT) 44 menyampaikan, “Di wilayah RW 13 Rejowinangun memang sering terjadi pemadaman listrik, khususnya saat hujan turun atau angin kencang.  Jadi ide pengembangan panel surya khususnya untuk menstabilkan listrik dengan teknologi panel surya ini sangat bagus.” Hal ini juga di aminkan oleh Ahmad Ardan Ardianto selaku pemilik UMKM Dewa Ponik,  “Bantuan teknologi ini dapat menstabilkan arus listrik untuk pengairan hidroponik, sehingga teknologi panel surya ini sangat dibutuhkan oleh UMKM Dewa Ponik” tandasnya. (*)

Baca Juga :  Antisipasi COVID-19, IPB University Bagikan Hand Sanitizer dan Semprot Desinfektan
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
278 Views