Dosen dan Mahasiswa FIB UI Beri Bimbingan Menulis dan Desain bagi Para Pelajar SMP SMA Se-Indonesia

Sepuluh mahasiswa Program Studi Indonesia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) di bawah bimbingan dosen FIB UI yaitu Niken Pramanik, S.S.,M.Hum. dan Silva Tenrisara Pertiwi Isma, M.A menyelenggarakan program pengabdian masyarakat (pengmas) bertajuk “Kelas Karya”. Kelas Karya merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk berbagi pengalaman sekaligus belajar bersama tentang kepenulisan fiksi dan nonfiksi, serta teknik menggambar ilustrasi.

Kegiatan pelatihan daring yang diikuti oleh 45 peserta ini dilaksanakan dalam dua gelombang, yaitu pada 3 Oktober 2020(gelombang pertama) dan 20 November 2020 (gelombang kedua). Peserta Kelas Karya tidak hanya berasal dari Pulau Jawa saja tetapi juga dari Sulawesi dan Kalimantan. Para peserta merupakan pelajar mulai dari siswa sekolah menengah pertama (SMP) sampai siswa menengah atas (SMA) di seluruh Indonesia.

Pada gelombang pertama, pihak panitia mengadakan kelas pengajaran kepenulisan fiksi dan nonfiksi. Di kelas nonfiksi, pengajaran yang diberikan meliputi cara menulis sinopsis, ulasan buku, surat, dan tubuh surel. Materi ini berfokus pada cara menulis menggunakan tanda baca yang benar sesuai dengan kaidah yang ditetapkan PUEBI.

Baca Juga :  Universitas Teuku Umar raih Juara Umum The 6th UTU Awards 2020

Sementara, pada Kelas Karya gelombang kedua memberikan pengajaran tentang cara menggambar ilustrasi menggunakan aplikasi Adobe Illustrator Draw. Di kelas ini, materi yang disampaikan mencakup definisi ilustrasi, fungsi ilustrasi, dan hal-hal dasar yang perlu diketahui. Dengan demikian para peserta mampu membuat ilustrasi untuk karya sastra atau menghasilkan komik.

Menurut Niken Pramanik, “Kegiatan ini kami inisiasi sebagai upaya mengembangkan potensi pelajar sekaligus mengisi waktu dengan beragam kegiatan positif dan kreatif. Situasi PSBB yang mengharuskan kita tetap di rumah saja diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menekuni hal baru. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihannya.”

Di antara tiga kelas yang diselenggarakan, kelas fiksi memperoleh jumlah peserta yang paling banyak. “Materi ini diajarkan supaya murid-murid mengerti dasar untuk menulis fiksi,” demikian pengakuan Rizka, salah seorang pengajar Kelas Karya. Dengan mengikuti kelas fiksi, diharapkan para pesertanya mempunyai kemampuan dalam menulis cerita pendek dengan tema yang mereka sukai namun dengan ketentuan menulis yang sesuai.

Baca Juga :  Mahasiswa ITS Gagas Komunitas PAPER, Bantu Pelajar Selama Pandemi

Dalam penyelenggaraan kegiatan Kelas Karya, Tim Pengmas FIB UI bekerja sama dengan pihak komunitas Rumah Tanpa Jendela (RTJ), sebuah komunitas yang menjadi wadah bagi anak-anak SD sampai SMP untuk mengembangkan minat dan bakat mereka dalam hal menggambar. “Kami berharap dengan adanya Kelas Karya UI, semangat anak-anak Indonesia untuk menulis dan berkarya tetap tumbuh meskipun dihimpit oleh pandemi dan keharusan berdiam diri di rumah. Semoga dengan adanya Kelas Karya, pesertanya dapat menggali potensi kepenulisan mereka,” kata Niken Pramanik.

Karya para peserta telah dijadikan antologi daring, yang dapat diakses melalui platform Medium dengan laman https://kelaskarya-ui2020.medium.com/

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Egia Etha Tarigan, S.Sos, MM (Media Relations UI, humas-ui@ui.ac.id ; 08151500-0002)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
466 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x