Tingkatkan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Ditjen Diktiristek Kukuhkan 22 Agen Perubahan

Jakarta – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan reformasi birokrasi. Salah satu upaya dilakukan dengan mengukuhkan 22 agen perubahan (agent of change) untuk menumbuhkan keteladanan di lingkungan Ditjen Diktiristek. Agen perubahan merupakan kelompok terpilih yang menjadi pelopor perubahan dan sekaligus menjadi contoh untuk senantiasa mengedepankan integritas.

Plt. Dirjen Diktiristek Nizam saat acara pengukuhan agen perubahan Ditjen Diktiristek, Rabu (8/9) menyampaikan dengan ditetapkannya 22 orang sebagai agen perubahan Ditjen Diktiristek ini, diharapkan dapat membawa perubahan pola pikir dan budaya kerja ke arah yang lebih baik. Pihaknya juga mengapresiasi para agen perubahan agar dalam memberikan perubahan pada pelaksanaan reformasi birokrasi dapat dilaksanakan dengan baik.

“Prinsip kita harus selalu perduli atas apa yang selalu kita lakukan dengan tugas-tugas kita hari ini dapat lebih baik dengan apa yang kita lakukan di hari yang kemarin, karena kalau hari ini kita lakukan sama dengan hari yang kemarin maka kita rugi,” papar Nizam.

Nizam juga berpesan kepada seluruh agen perubahan untuk selalu mengevaluasi kinerja tiap individu. “Apa saja yang bisa kita lakukan hari ini, tugas-tugas kita, apa yang kita kerjakan hari ini harus lebih baik dari sebelumnya, lebih baik dari sebulan yang lalu, dan lebih baik dari setahun yang lalu,” imbuhnya.

Baca Juga :  142 Perguruan Tinggi Terima Bantuan Pendanaan PKKM

Tak lupa Nizam pun mengingatkan agar para agen perubahan Ditjen Diktiristek menerapkan motto Dikti SIGAP Melayani dalam budaya kerja sehari-sehari, antara lain harus terus semangat, integritas, gerak cepat, gotong-royong, penuh semangat dalam mengembangkan amanat serta profesional dalam bekerja.

Pada kesempatan ini, Sekretaris Ditjen Diktiristek Paristiyanti Nurwardani pun menyampaikan komitmen Eselon II dengan mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi serta mendukung dan memfasilitasi agen perubahan, dalam melaksanakan tugasnya sebagai katalis, penggerak perubahan, pemberi solusi, mediator, penghubung sebagai teladan dan role model dalam proses reformasi birokrasi.

Pada acara pengukuhan tersebut, seluruh agen perubahan mengucapkan janji komitmen yang dipimpin oleh Sekretaris Ditjen Diktiristek, kemudian dilanjutkan dengan ikrar janji komitmen yang dipimpin oleh Koordinator Agen Perubahan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dewi Wulandari. Melalui Surat Keputusan Penetapan Agen Perubahan pada Ditjen Diktiristek, 22 agen perubahan tersebut terbagi ke dalam beberapa unit kerja yaitu Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Direktorat Kelembagaan, Direktorat Sumber Daya, dan Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat. Adapun tugas para agen perubahan adalah menyusun rencana aksi yang akan dikelompokkan dalam agenda-agenda perubahan, menginternalisasikan nilai-nilai reformasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset ,dan Teknologi yang telah dituliskan untuk mengkomunikasikan secara aktif di satuan kerja masing-masing agar menjadi budaya kerja di lingkungan Ditjen Diktiristek, dan melakukan monitoring dan evaluasi serta pelaporan pelaksanaan program rencana aksi dari unit kerjanya masing-masing

Baca Juga :  Kebijakan Kampus Merdeka Bantu Hadapi Krisis Akibat Pandemi Covid-19

Turut serta dalam acara tersebut, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Jenderal Kemendikbudristek Mustangimah, Kepala Pusat Pendidikan Pelatihan Pegawai Sekretariat Jenderal Kemendikbudristek Amurwani Dwi Lestariningsih, Direktur Kelembagaan Ditjen Diktiristek Ridwan, Direktur Sumber Daya Ditjen Diktiristek Sofwan Effendi, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Diktiristek Aris Junaidi, Inspektur Wilayah IV Itjen Kemendikbudristek Masrul Latif, dan seluruh pegawai di lingkungan Ditjen Diktiristek.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
990 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x